Blog ini berisi tentang tips mengenai perawatan wajah secara alami sehingga mendapatkan wajah yang cantik, cerah dan terhindar dari jerawat, wajah kusam, wajah berminyak dan kerutan.

Minggu, 25 Desember 2016

21 Cara Menghilangkan Komedo di Wajah Cepat Secara Alami

Cara Menghilangkan Komedo di Wajah Cepat Secara Alami – Apakah kamu memiliki masalah komedo? Masalah satu ini hampir menyerang semua orang. Komedo muncul disebabkan karena kulit memproduksi minyak secara berlebihan. Kemudian minyak tersebut tertampung di dalam pori selama berhari-hari, bercampur bakteri, mengeras, dan mengakibatkan benjolan.

Komedo pada dasarnya dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu komedo putih alias whitehead, dan komedo hitam atau blackhead. Sebenernya kedua komedo ini sama, cuman salah satunya tak tertutup lapisan kulit sehingga mengalami oksidasi dan mengakibatkannya berwarna hitam. Biasanya komedo hitam terasa kasar di kulit wajah, dan mirisnya lagi sulit untuk hilang.

Gejala Komedo

Komedo sangat sering menyerang para remaja. Aktivitas hormon yang tak stabil saat pubertas mengakibatkan minyak dan sebum diproduksi secara berlebihan. Gejala munculnya komedo semacam ini sangat mudah dikenali. Kamu cukup meraba bagian hidung, dahi, dan area wajah lain, apabila ada semacam benjolan kasar itu bisa jadi termasuk komedo.

Cara Menghilangkan Komedo di Wajah Cepat Secara Alami

Komedo memiliki ukuran yang bervariasi, ada komedo kecil ada pula yang besar bahkan mirip kista. Selain dapat muncul di area hidung dan wajah, komedo juga sering menyerang di bagian punggung, leher, dada, lengan, bahu, dan bagian lain. Karena tak mengalami inflamasi, komedo tak terasa sakit. Akan tetapi ia akan berubah menjadi benjolan menyakitkan apabila dicukil atau digaruk.

Penyebab Komedo Muncul

Pada saat remaja produksi hormon akan mengalami peningkatan, khususnya untuk hormon testosteron pada remaja pria. Meningkatnya hormon inilah yang merangsang produksi minyak menjadi aktif dan berlebihan.

Selanjutnya akar rambut dan pori-pori mengalami penyumbatan akibat minyak berlebih itu. Ketika terinfeksi, maka bakteri akan menyebabkan komedo dan jenis jerawat lain. Adapun faktor yang meningkatkan resiko komedo antara lain:

- Meningkatnya bakteri propionibacterium acnes pada kulit
- Adanya iritasi pada folikel rambut yang menyebabkan sel kulit mati tak bisa rontok secara teratur.
- Mengalami perubahan hormon yang mengakibatkan munculnya minyak berlebih, terutama ketika memasuki usia remaja dan menstruasi.
- Mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti steroid, lithium, dan pil KB.

Penyebab komedo tak hanya sampai disitu saja. Pola hidup yang kurang sehat seperti merokok, konsumsi alkohol, makan gorengan, begadang, dan lainnya juga memicu munculnya komedo di wajah.  Oleh sebab itu, usahakan hindarilah kebiasaan buruk semacam itu ya mulai dari sekarang.

Cara Alami Menghilangkan Komedo di Hidung dan Wajah dengan Cepat

Setelah tau tentang seluk beluk komedo, kini tibalah saatnya untuk membasminya. Berikut beberapa cara menghilangkan komedo yang bisa kamu coba dengan mudah sekarang juga.

1. Pasta gigi

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Setiap orang pasti memiliki pasta gigi di rumahnya. Namun siapa sangka, ternyata pasta gigi sangat ampuh untuk mengatasi komedo. Menghilangkan komedo dengan pasta gigi mungkin terdengar aneh dan tak masuk akal, tetapi agar tau khasiat luar biasanya langsung saja deh coba sendiri di rumah.

Cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi:

  • Siapkan pasta gigi secukupnya, usahakan herbal dan mint.
  • Bilas wajah dengan air hangat supaya membuka pori, kemudian oleskan pasta gigi secara merata ke bagian komedo.
  • Diamkan sampai pasta gigi tadi keras dan mengering.
  • Setelah itu bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih.
2. Lemon

Lemon masih satu keluarga dengan buah jeruk, cuman ia memiliki rasa yang lebih masam dari jeruk pada umumnya. Meski demikian, lemon ternyata mengandung vitamin C dan zat asam yang dapat membantu mengangkat komedo. Buah satu ini sangat cocok untuk mennghilangkan komedo hitam yang membandel.
Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami
Cara menghilangkan komedo hitam dengan lemon:

  • Siapkan buah lemon segar 1 saja, belah jadi 2 bagian.
  • Bilas wajah dengan air hangat agar pori terbuka dan rileks.
  • Gosokan potongan lemon tadi keseluruh area wajah, terutama yang ada komedonya.
  • Diamkan selama 5-10 menit, meski terasa agak perih.
  • Setelah meresap, bilas dengan air dingin hingga bersih.
3. Lidah buaya

Semua orang tentu sudah tahu manfaat luar biasa lidah buaya untuk rambut. Mulai dari menyuburkan hingga menghitamkan rambut secara alami
Namun lebih dari itu, lidah buaya juga memiliki khasiat ampuh untuk menghilangkan komedo di wajah. Baik komedo hitam ataupun putih, semuanya bisa dibasmi dengan bahan alami satu ini.


Cara alami menghilangkan komedo dengan lidah buaya:

  • Sediakan lidah buaya segar secukupnya, usahakan baru dipetik.
  • Potong menjadi beberapa bagian, lalu ambil gel didalamnya.
  • Bersihkan muka kamu dengan sabun khusus agar kotoran tak menghambat.
  • Setelah itu oleskan lidah buaya secara merata, kemudian diamkan sampai kering.
  • Bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih dan lihat hasilnya.
4. Pepaya

Dulu saya pernah membahas mengenai manfaat pepaya. Selain bagi kesehatan, ternyata buah kaya serat ini juga baik untuk merawat kulit, termasuk salah satunya menghilangkan komedo di hidung, dahi, dan area wajah lainnya. Bahkan dengan penggunaan rutin, pepaya mengandung vitamin E tinggi yang bisa menjaga kesegaran dan kelembaban kulit alami.

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Cara membersihkan komedo dengan pepaya:

  • Haluskan daging buah pepaya matang sekiranya 1 cangkir.
  • Campur dengan 1 sdt kopi sampai membentuk adonan pasta.
  • Oleskan merata keseluruh bagian wajah, terutama area komedo.
  • Jangan lupa pijat sebentar agar komedo terangkat.
  • Diamkan sampai terasa kaku, kemudian bilas air hangat.
5. Gandum

Bagi para ibu rumah tangga, tentu gandum bukan bahan yang asing setiap kali memasak. Yup, bahan tradisional ini selain bermanfaat untuk memasak juga bisa membantu mengatasi komedo membandel di wajah.
Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami
Selain komedo, ternyata gandum juga bisa memutihkan kulit secara alami karena ia mengandung vitamin B1 yang lumayan tinggi.

Cara mengatasi komedo alami dengan gandum:

  • Siapkan gandum kualitas terbaik secukupnya saja.
  • Campur dengan air hangat hingga membentuk adonan mirip pasta.
  • Oleskan ke area wajah yang sudah bersih.
  • Diamkan kurang lebih 15-20 menitan, lalu bilas air hangat sampai bersih.
6. Putih telur

Menghilangkan komedo dengan masker putih telur sangatlah ampuh. Seperti kita ketahui bersama, telur termasuk salah satu sumber protein terbaik, nah kandungan protein inilah yang berkhasiat untuk komedo. Menariknya lagi, masker putih telur juga berguna untuk mengencangkan kulit alami.

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Cara tradisional menghilangkan komedo dengan putih telur:

  • Kocok putih telur seperlunya saja, lebih baik gunakan telur ayam kampung atau bebek agar lebih sehat.
  • Setelah membusa, campurkan sedikit perasan nipis supaya amisnya tak menyengat.
  • Gunakan kuas untuk mengoleskan keseluruh bagian wajah. Tepat pada bagian komedo, beri pijatan lembut selama 10 detik agar terangkat.
  • Setelah agak terasa kaku di wajah, bilas masker tadi dengan air hangat. Agar bau amisnya hilang, kamu juga bisa membersihkan dengan facial foam.
7. Kacang kedelai

Hampir sama dengan putih telur, kacang kedelai juga mengandung protein tinggi. Bedanya, protein dalam kacang kedelai bersifat nabati sedangkan putih telur hewani.

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Selain mengandung protein, kacang kedelai juga diperkaya serat terlarut yang bisa membantu mengangkat kotoran di pori, flek hitam, bakteri, dan bahkan komedo membandel.

Cara menghilangkan komedo dengan kacang kedelai:

  • Haluskan kacang kedelai seperlunya. Agar lebih mudah gunakan blender.
  • Selanjutnya gosokan halusan kacang tersebut ke area komedo.
  • Diamkan menempel selama 10 menitan, lalu bilas air hangat.
8. Garam

Garam merupakan salah satu bahan wajib saat memasak. Saya yakin, semua 
orang tentu sudah mengenal garam. Yup, bahan hasil laut ini ternyata memiliki kandungan yodium tinggi yang dapat membantu mengangkat komedo. Namun agar kulit tak mengalami iritasi, sebaiknya hentikan pemakaian setelah komedo hilang ya.

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Cara menghilangkan komedo di hidung dengan garam:

  • Sediakan garam secukupnya saja, lalu haluskan dengan menumbuk.
  • Tambahkan sedikit air perasan lemon sampai garam larut.
  • Gosokan perlahan ke area komedoan selama 10 detik.
  • Diamkan sejenak kurang lebih 30 menitan, lalu bilas air hangat.
9. Kulit jeruk

Siapa bilang kulit jeruk tak bermanfaat? Mulai sekarang kamu bisa menggunakan kulit jeruk untuk menghilangkan komedo secara alami. Disini ada dua metode yang bisa dicoba dengan kulit jeruk, selengkapnya check it out berikut.

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Bagaimana cara menghilangkan komedo dengan kulit jeruk?

  • Pertama kamu bisa langsung menempelkan bagian dalam kulit jeruk ke area komedo. Dijamin beberapa saat kemudian komedo akan terangkat.
  • Cara kedua, kamu bisa membuat scrub. Caranya haluskan kulit jeruk lalu campur dengan gula pasir. Kemudian gunakan untuk menggosok bagian komedo.
  • Kalau saya (pribadi) lebih suka memakai scrub, sebab ia lebih ampuh.
10. Gunakan pala 

Menggunakan pala untuk merawat kulit mungkin masih terdengar asing bagi sebagian besar penduduk di Indonesia. Namun di negara asia lain, pala sudah banyak dimanfaatkan sebagai masker penghalus kulit.

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Selain menghaluskan kulit, campuran pala dan susu juga terbukti cukup baik untuk menghilangkan komedo membandel di wajah. Oleh sebab itu, jangan ragu lagi menggunakan bahan tradisional ini.

Cara tradisional menghilangkan komedo dengan pala:

  • Campurkan bubuk pala dan susu hingga membentuk adonan pasta.
  • Selanjutnya bersihkan area wajah dengan air hangat terlebih dahulu. Ini bertujuan agar membuka pori sehingga komedo lebih mudah terangkat.
  • Sekarang oleskan campuran tadi secara merata, tertama pada bagian komedo beri pijatan lembut selama 10 detik.
  • Agar bekerja maksimal, diamkan kurang lebih 20 menitan. Kemudian bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih.
11. Baking soda

Mungkin kamu lebih familiar apabila baking soda digunakan untuk membuat kue atau roti. Namun siapa sangka, sifat abrasifnya yang tinggi dapat membantu mengatasi komedo membandel di wajah.

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Agar tak mengalami iritasi dan peradangan, sebaiknya hentikan pemakaian jika komedo sudah hilang. Sebab penggunaan baking soda berlebihan akan sangat berbahaya.

Tips menghilangkan komedo dengan baking soda:

  • Larutkan baking soda seperlunya dengan air hangat hingga membentuk pasta.
  • Gosokan keseluruh bagian komedo secara merata.
  • Diamkan hingga mengering dan kaku, lalu bilas air hangat sampai bersih.
  • Lihat hasilnya, sekarang komedo kamu sudah hilang.
12. Kayu manis

Tak hanya bubuk pala saja, tapi kamu juga bisa menggunakan bubuk kayu manis untuk menghilangkan komedo secara tradisional. Agar hasilnya semakin mantap, jangan lupa campur bubuk kayu manis tersebut dengan jeruk lemon dan kunyit.
Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Cara menghilangkan komedo dengan kayu manis:

  • Siapkan bubuk kayu manis seperlunya saja.
  • Campur dengan perasan lemon dan bubuk kunyit, usahakan membentuk pasta.
  • Oleskan merata keseluruh bagian komedo, lalu pijat sebentar selama 10 detik.
  • Diamkan kurang lebih 20 menitan, setelah kaku bilas air hangat.
13. Gelatin dan susu

Gelatin dan susu bisa menjadi scrub yang efektif untuk membersihkan komedo. Bagaimana tidak? Gelatin memiliki sifat lengket yang dapat mengangkat komedo membandel di pori terdalam. Bahkan dengan penggunaan rutin, wajah kamu akan tampil lebih cerah alami.

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Cara mengatasi komedo dengan gelatin dan susu:

  • Campurkan 1 sendok bubuk gelatin (tanpa rasa) dengan 1,5 sendok susu bubuk kedalam mangkuk anti-panas.
  • Masukan kedalam microwave kurang lebih 10 detik.
  • Oleskan campuran tadi dengan menggunakan kuas merata keseluruh bagian komedo.
  • Diamkan selama 10-20 menit agar meresap. Lalu angkat sedikit demi sedikit gelatin tadi. Lihat, sekarang komedo sudah terangkat semuanya.
14. Uap panas

Uap panas dapat membantu terbukanya pori-pori wajah. Apabila sudah terbuka, maka komedo dan kotoran di dalamnya akan sangat mudah sekali hilang. Selain menghilangkan komedo, uap juga terbukti ampuh untuk mengatasi kerutan tanda penuaan dini.

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Cara menghilangkan komedo dengan uap panas:

  • Didihkan air bersih secukupnya, usahakan sampai mengeluarkan buih-buih.
  • Tuang air mendidih tersebut ke baskom atau wadah lain.
  • Dekatkan wajah tepat diatas air panas hingga terkena uapnya.
  • Sambil mendekatkan, gosok perlahan area wajah terutam hidung.
  • Bilas dengan memakai air dingin sampai benar-benar bersih.
15. Es batu

Lho kok es batu sih? Emang mau buat es ya? Hmm, jangan salah es batu tak hanya berguna untuk membuat es segar saja, ia memiliki sifat dingin yang dapat meringkas pori, sehingga mampu meminimalisir keluarnya minyak berlebih di bagian pori wajah.

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Cara menghilangkan komedo dengan es batu:

  • Siapkan madu, seduhan teh hijau, dan perasan lemon secukupnya.
  • Campur bahan-bahan tadi menjadi satu, kemudian tambahkan sedikit air.
  • Masukan kedalam lemari pendingin sampai membentuk es batu keras.
  • Ambil dan gosokan secara merata ke area komedo. Bila perlu, lakukan sampai es batu tersebut habis.
16. Pore Cleansing strips

Tahukah kamu tentang strips pembersih pori? Ini biasanya sering disebut juga dengan pore cleansing strips. Merupakan sebuah alat yang berguna untuk membersihkan pori dari kotoran dan komedo membandel. Biasanya alat ini terbuat dari bahan katun yang salah satu sisinya lengket.

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Cara menghilangkan komedo dengan pore cleansing strips:

  • Bersihkan area wajah dulu dengan air hangat. Lalu keringkan dengan handuk.
  • Tempelkan pore cleansing strips ke area komedo.
  • Tunggu selama kurang lebih 1-2 jam agar melekat sempurna.
  • Tarik strips tadi dengan gerakan cepat sampai semua komendo terangkat.
Note: alat ini bisa kamu beli di supermarket terdekat. Sudah banyak sekali 
merek pore cleansing strip yang terkenal.

17. Retinoid cleanser

Retinoid cleanser juga merupakan produk kecantikan yang berguna untuk membersihkan pori dari minyak, bakteri, debu, dan komedo. Alat ini terbilang lebih ampuh menghilangkan komedo dari pada pore cleanshing strips.

Namun karena harganya yang terbilang mahal, tentu membuat kita berpikir dua kali sebelum membelinya. Kamu bisa mendapatkan retinoid cleanser di toko kecantikan atau salon-salon terdekat.

18. Macrodermabrasion

Bagi kamu yang tak ingin ribet menghilangkan komedo dengan bahan-bahan alami-tradisional diatas, saya sarankan melakukan perawatan macrodermabrasion di spa atau salon kecantikan terdekat.

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dan Medis

Dengan bantuan para ahli yang sudah berpengalaman, tentunya komedo kamu akan hilang dengan cepat tanpa harus ribet. Akan tetapi, perlu kamu ketahui cara ini menggunakan beberapa bahan kimia yang mungkin saja merusak kulit.

Bagaimana, mudah sekali bukan? sebelum kamu memilih menggunakan alat ataupun perawatan spa, sebaiknya gunakan dulu bahan-bahan alami. Meski terlihat murahan dan sederhana, tapi bahan alami diatas sebenarnya memiliki khasiat yang sangat luar biasa dalam menghilangkan komedo membandel.

*selebihnya akan saya tambah lain waktu

Kadang komedo bisa menimbulkan masalah jerawat. Baca selengkapnya mengenai cara menghilangkan jerawat ampuh secara alami yang sudah saya share untuk mengatasinya.

Bermanfaat dan menarik? Mohon dishare ya.
Share:
sumber: http://www.cantikitu.com/2016/02/cara-menghilangkan-komedo-secara-alami.html

Tags :

Related Post : 21 Cara Menghilangkan Komedo di Wajah Cepat Secara Alami

0 komentar:

Posting Komentar