Blog ini berisi tentang tips mengenai perawatan wajah secara alami sehingga mendapatkan wajah yang cantik, cerah dan terhindar dari jerawat, wajah kusam, wajah berminyak dan kerutan.

Minggu, 18 Desember 2016

9 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan yang Tak Terduga

Manfaat Bawang Putih – Siapa yang tak kenal dengan bumbu dapur satu ini? Bawang putih terkenal bukan hanya sebagai bumbu masakan, tetapi juga dipercaya bermanfaat bagi kesehatan.

Berbagai ramuan tradisional dari zaman Mesir Kuno, India, hingga Tiongkok, pun melibatkan bawang putih sebagai salah satu bahan utamanya.


Sejumlah studi mengaitkan konsumsi banyak bawang putih dengan penurunan tekanan darah, tingkat kolesterol, gula darah, memperbaiki sirkulasi darah, dan menjauhkan dari risiko penyakit jantung.

Manfaat bawang putih untuk kesehatan memang belum terbukti 100 persen, sehingga masih diperlukan penelitian lebih mendalam. Namun meski demikian, beberapa penelitian telah menemukan beberapa manfaat sebagai berikut.

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan



1. Baik untuk jantung dan ususmu

Dari sebuah percobaan yang dilakukan pada tikus, diketahui bahwa senyawa alami dari minyak bawang putih dapat melindungi jantung dari kerusakan setelah terkena serangan jantung. Diallyl trisulfida, nama senyawa tersebut, dipercaya dapat digunakan untuk pengobatan gagal jantung.

Tidak hanya baik untuk jantung saja, senyawa itupun juga bermanfaat untuk melawan bakteri penyebab infeksi pada usus. Ini membuat bawang putih dapat kita jadikan sebagai antibiotik guna mengurangi penyakit akibat bakteri yang ada pada makanan ataupun lingkungan sekitar.

2. Mencegah kanker

Sebuah penelitian membuktikan konsumsi bawang putih dua kali seminggu dapat berpotensi mencegah terkena kanker paru-paru. Konsumsi bawang putih juga diduga bisa menurunkan risiko terkena kanker prostat.

Selain itu, ditemukan pula senyawa organo sulfur yang menurut penelitian dapat membasmi sel kanker otak. Penelitian mengungkapkan senyawa tersebut bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan sel kanker otak.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol

Ekstrak bawang putih sangat mujarab untuk menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Beberapa temuan penelitian membuktikan bahwa bawang putih dapat melebarkan pembuluh darah dan mengendurkan otot halus.

Penelitian terbaru bahkan membuktikan bawang putih dapat membantu menurunkan koelsterol, meski dalam jumlah sedikit. Tetapi bukan berarti bawang putih bisa dijadikan sebagai obat hipertensi dan kolesterol yang efektif, karena masih diperlukan penelitian yang lebih luas.

4. Mencegah dan mengobati pilek/flu

Bawang putih dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terkena penyakit. Manfaat inilah yang kemudian menjadikan bawang putih ampuh untuk mencegah pilek, flu, dan demam.

Selain itu, bawang putih pun bisa kamu gunakan untuk mengatasi hidung tersumbat. Ia mengandung senyawa bersifat mint serta kalium yang bisa melancarkan sirkulasi darah di sekitar hidung.

5. Mengobati sakit gigi

Apa sakit gigimu sering kambuh? Mulai sekarang kamu tak perlu membeli obat mahal untuk mengatasinya, cukup gunakan bawang putih saja.

Bumbu dapur satu ini mengandung senyawa bersifat anti-inflamasi, yang dapat mengurangi rasa nyeri akibat peradangan pada gusi.

Cara mengobati sakit gigi dengan bawang putih sangatlah mudah. Kamu tinggal menghaluskannya, lalu tempelkan ke bagian gigi yang sakit.

6. Mengobati sakit tenggorokan

Sifat antioksidan dan antibakterial yang ada pada bawang putih dapat membantu menyembuhkan batuk, sakit tenggorokan, dan radang tenggorokan.

Jika kamu mengalami gatal pada bagian tenggorokan, kunyahlah bawang putih berukuran kecil. Atau bisa juga mencampurkannya dengan jus wortel dan apel agar rasanya lebih nikmat.

7. Mencegah pembekuan darah

Bawang ternyata memiliki sifat pembersih yang cukup baik. Sifat pembersih yang terkandung pada bawang putih memungkinkan untuk membersihkan arteri dan vena, yang kemudian akan mengencerkan darah sekaligus melancarkan sirkulasinya.

Selain itu, bawang juga bermanfaat untuk meningkatkan produksi oksida nitrat di dalam darah, yang membantu melebarkan pembuluh darah dan melarutkan pembekuan darah. Dengan demikian, penyakit seperti stroke (akibat pembekuan) darah dapat dicegah.

8. Mengurangi tingkat gula darah

Tingkat gula darah sangat penting untuk diperhatikan. Bila kadarnya melebihi batas wajar,kamu akan sangat berisiko mengakibatkan diabetes (penyakit gula).

Bawang putih ternyata dapat meningkatkan insulin dalam darah, yaitu semacam zat yang berguna untuk memecah glukosa menjadi energi.

Menurut penelitian, 8 dari 10 orang yang mengonsumsi bawang putih secara rutin mereka mengalami penurunan tingkat gula darah secara perlahan.

9. Mengobati jerawat

Dengan cara yang benar, bawang putih bisa kamu manfaatkan untuk mengobati jerawat. Bawang yang dipotong dan dihancurkan akan melepaskan senyawa yang dapat membersihkan darah serta bersifat antibiotik.Kedua senyawa inilah yang bisa membantu mengobati jerawat.

Meski demikian, kamu harus tetap melakukan pengobatan jerawat, karena bawang putih disini hanya berperan membantu mempercepat proses penyembuhan saja.

Bagaimana, masih ragu mengonsumsi bawang putih?

Jika kamu berminat mengonsumsi suplemen bawang putih untuk tujuan kesehatan, ada baiknya konsultasikan dulu kepada dokter, terutama bila kamu memiliki kondisi medis tertentu.

Selain itu, khasiat bawang putih juga bisa kamu maksimalkan dengan mengonsumsinya dalam bentuk mentah, karena memasaknya terlalu matang dapat menghancurkan kandungan penting didalamnya.
Share:
sumber: http://www.cantikitu.com/2016/10/manfaat-bawang-putih-untuk-kesehatan.html

Tags :

Related Post : 9 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan yang Tak Terduga

0 komentar:

Posting Komentar