Blog ini berisi tentang tips mengenai perawatan wajah secara alami sehingga mendapatkan wajah yang cantik, cerah dan terhindar dari jerawat, wajah kusam, wajah berminyak dan kerutan.

Sabtu, 31 Desember 2016

Tips Mudah: Cara Membuat Masker Lumpur Untuk Merawat Kulit


Cara membuat masker lumpur dengan mudah dan praktis
Masker lumpur untuk kecantikan kulit

Cara Membuat Masker Lumpur Untuk Merawat Kulit – Berbicara mengenai cara merawat kulit secara alami memang tidak akan pernah ada habisnya. Mulai dari perawatan biasa sampai dengan perawatan yang aneh-anehpun rela dilakukan agar mendapatkan kulit sehat dan cantik.

Pernahkan kamu mendengar masker lumpur untuk merawat kulit? belum banyak para wanita yang mengetahui manfaat masker lumpur untuk kulit. Namun lumpur yang dimaksud disini bukan lumpur sawah yang becek itu, melainkan lumpur yang memang sudah disediakan secara khusus untuk merawat kecantikan dan kesehatan wajah.

Jenis Masker Lumpur Untuk Merawat Wajah

Memang di sekitar kita banyak sekali terdapat lumpur, namun tidaklah semua lumpur tersebut bisa kita gunakan untuk merawat kecantikan dan kesehatan kulit. Jika salah, kulit kamu akan mengalami iritasi dan bahkan menimbulkan kerusakan sel. Berikut ada beberapa jenis lumpur yang baik dan aman untuk merawat wajah secara alami dilandir dari Boldsky.

- French Clay Mud

Jenis masker lumpur yang satu ini paling umum dan banyak digunakan pada spa ataupun salon kecantikan. Lumpur jenis ini cukup baik untuk mengencangkan pori-pori kulit dan membantu menghilangkan keriput ataupun kerutan pada bagian wajah. Bahkan french clay mud juga dipercaya mampu menjaga kulit tetap awet muda.

- Lumpur Vulkanis

Sesuai dengan namanya, lumpur satu ini banyak ditemukan di daerah-daerah yang terkena ledakan vulkanis dari sebuah gunung berapi. Kandungan mineral dalam lumpur vulkanis cukup tinggi, sehingga sangatlah baik untuk merawat kulit secara alami.

Dipercaya kandungan mineral-mineral tersebut akan memberikan suntikan nutrisi yang mampu mencerahkan kulit dari dalam.

- Fuller’s Earth

Jenis lumpur satu ini sering dikenal dengan nama Multani Mitti oleh bangs India. Biasanya lumpur jenis ini banyak dikemas dalam sebuah produk kecantikan. Menurut para ahli fuller’s earth mampu mendinginkan kulit secara alami dan mencegah peradangan.

Selain itu dengan penggunaan secara rutin, masker lumpur tersebut juga mampu mengobati jerawat di wajah dengan cepat.

- Lumpur Hitam

Lumpur hitam sangat mudah sekali kita jumpai, sebab lumpur jenis satu ini ada banyak di rawa-rawa. Kandungan organik dan anorganik dalam lumpur tersebut akan sangat berkhasiat untuk menjaga kulit tetap awet muda dengan mencegah penuaan dini.

Tidak hanya itu saja, eklstrak lumpur hitam jika digunakan secara rutin juga akan mengoptimalkan regenerasi sel-sel kulit dan mencerahkannya secara alami.

- Alpine Moor Mud

Jenis lumpur baik untuk masker wajah terakhir adalah alpine moor mud. Jenis lumpur yang satu ini sangat berkhasiat untuk membersihkan pori-pori kulit wajah dari debu, komedo, dan sisa keringat. Namun sayang sekali, jenis lumpur tersebut hanya bisa ditemukan di hutan Alpin saja.

Masing-masing masker lumpur diatas memiliki manfaat yang berbeda-beda, mulai dari membersihkan wajah dari kotoran saja sampai dengan mencegah terjadinya penuaan dini dan menjaga kulit tetap nampak awet muda.

Saya sarankan apabila kamu ingin merawat kulit dengan masker, silahkan membeli produk masker lumpur yang telah banyak tersedia di supermarket ataupun swalayan.

Adapun masker lumpur yang sudah cukup terkenal di dunia kecantikan antara lain masker lumpur laut mati, masker Hello Kitty, dan masker lumpur Shiseido Naturgo. Pilihlah salah satu masker lumpur diatas saja.

Cara Membuat Masker Lumpur Untuk Merawat Kulit Secara Alami

Sebenarnya untuk membuat masker lumpur sangatlah mudah, namun karena lumpur di sekitar kita sudah banyak tercemar pestisida tanaman (terutama lumpur sawah), silahkan saya sarankan untuk membeli produk masker lumpur di toko kecantikan terdekat.

Setelah membeli masker lumpur tersebut, jangan langsung menggunakannya. Sebab kita masih harus mencampur masker lumpur tersebut dengan bahan alami lainnya agar hasil akhir nanti semakin maksimal, Anda bisa memilih lemon atau jeruk nipis sebagai campurannya.

Bahan-bahan:

- Produk masker lumpur secukupnya
- 1 buah lemon atau jeruk nipis

Cara membuat masker lumpur dengan mudah dan praktis:

1. Ambil lumpur yang telah kamu beli tadi secukupnya saja, kemudian campur lumpyr tersebut dengan perasan lemon/jeruk nipis. Pastikan campuran tersebut pas dan membentuk pasta. Apabila air perasan lemon tersebut belum membuat lumpur menjadi adonan pasta, silahkan tambahkan lagi air perasannya. Diamkan masker sejenak.

2. Sekarang bersihkan wajah kamu terlebih dahulu, pembersihkan wajah ini bertujuan agar kotoran pada bagian pori tidak menghambat proses penyerapan kandungan masker dan lemon. Dengan demikian, kamu akan mendapatkan kulit cantik secara maksimal.

3. Untuk pembersihan wajahnya, saya sarankan menggunakan sabun khusus muka. Sebab menurut pengalaman saya, sabun mandi akan membuat munculnya jerawat di bagian muka.

4. Setelah memastikan kulit wajah benar-benar bersih dan terbebas dari bedu ataupun kotoran, silahkan mulai mengoleskan masker lumpur tersebut sedikit demi sedikit ke bagian wajah kamu. Jika kesulitan mengoleskan masker tersebut gunakan spatula kecil.

5. Agar masker lumpur dapat meresap secara optimal, tunggu atau diamkan selama kurang lebih 1 jam. Sambil menunggu masker tersebut meresap, kamu bisa mengiris mentimun dan meletakan di bagian bundaran mata. Kandungan dingin dari mentimun akan membuat mata kamu tampak lebih segar dan terbebas dari keriput.

6. Biasanya setelah 1 jam, masker yang kamu gunakan itu menjadi kaku dan mengencang di bagian wajah. Nah untuk membersihkannya silahkan gunakan air hangat (jangan terlalu panas) untuk membilasnya. Usahakan membilas masker tersebut sampai benar-benar bersih.

7. Selanjutnya setelah membilas menggunakan air hangat, basuh wajah lagi dengan air dingin. Hal ini bertujuan agar menutup kembali pori-pori wajah yang terbuka saat terkena air hangat.

8. Untuk proses pengeringannya silahkan ambil handuk lembut dan bersih, serat hindari penggunaan handuk kasar dan kotor. Sebab handuk yang kasar akan membuat kulit menjadi tidak mulus lagi, selain itu handuk kotor akan membuat kulit wajah kamu mudah berjerawat.

Sebenarnya masker lumpur sudah digunakan sejak jaman dahulu kala, tepatnya sejak jaman Ratu Mesir bernama Cleopatra. Wanita tersebut selalu merawat kecantikan kulitnya dengan berendam dan mandi di lumpur, terbukti setelah beliau melakukan secara rutin kulitnya nampak lebih sehat dan cantik 
secara alami.

Oleh sebab itu gunakan secara rutin masker lumpur untuk merawat kecantikan dan kesehatan kulitmu. Selain mengombinasikan dengan lemon dan jeruk nipis, kamu juga bisa kok mengombinasikan masker lumpur dengan madu ataupun minyak zaitun. Sebab madu dan minyak zaitun sendiri juga sudah cukup terkenal mampu memberi nutrisi secara maksimal kedalam kulit.

Itulah sajian informasi singkat mengenai cara membuat masker lumpur untuk merawat kecantikan kulit secara alami. Apabila kamu pernah menggunakan masker lumpur sebelumnya, silahkan share pengalaman kamu melalui kolom komentar. Namun apabila masih belum faham, silahkan bertanya melalui kolom komentar juga. 


Semoga bermanfaat...!

Baca juga: Cara membuat masker beras untuk kulit putih
Share:
sumber: http://www.cantikitu.com/2015/07/cara-membuat-masker-lumpur-untuk.html

Tags :

Related Post : Tips Mudah: Cara Membuat Masker Lumpur Untuk Merawat Kulit

0 komentar:

Posting Komentar