Blog ini berisi tentang tips mengenai perawatan wajah secara alami sehingga mendapatkan wajah yang cantik, cerah dan terhindar dari jerawat, wajah kusam, wajah berminyak dan kerutan.

Minggu, 08 Januari 2017

11 Cara Mencerahkan Wajah Kusam dan Berminyak Secara Alami

Cara Mencerahkan Wajah Kusam dan Berminyak Secara Alami – Siapa sih yang tak ingin memiliki kulit putih dan cerah secara alami? saya yakin baik itu pria ataupun wanita mendambakan kulit semacam itu. Namun sayangnya, tak semua orang asli Indonesia memiliki kulit cerah. Orang Indonesia identik dengan kulit yang kusam, kering, sawo matang, dan terkadang banyak keriput.

Kulit pada dasarnya memiliki mekanisme regenerasi sel yang berbeda. Umumnya, regerenasi sel-sel kulit baru terjadi selama kurang lebih 18 hari. Semakin bertambahnya usia, regenerasi sel kulit tersebut semakin menurun. Dari sinilah muncul masalah kerutan saat kita memasuki usia lebih dari 30 tahun. Oleh sebab itu, semakin bertambah usia kamu harus semakin rutin melakukan perawatan.

Munculnya kulit kusam dapat disebabkan karena regerenasi sel baru mengalami gangguan. Masalah semacam ini tak hanya menyerang mereka yang memasuki usia senja saja, tapi anak-anak muda jaman sekarang pun juga demikian. Sebelum membahas cara mencerahkan wajah secara alami, ada baiknya kamu ketahui dulu beberapa penyebabnya berikut.

Penyebab Kulit Kusam dan Tak Cerah

- Faktor genetik (keturunan)

Genetik alias keturunan sangat berpengaruh terhadap tipe kulit seseorang. Maksudnya begini, jika ayah/ibu kamu memiliki kulit kusam dan berminyak, maka kemungkinan besar kamu juga akan sama.

- Pola hidup

Pola hidup yang baik tentu akan berdampak pada kesehatan tubuh, begitupun dengan pola hidup yang kurang sehat. Jarang mandi, membersihkan kulit, perawatan, jarang olahraga, dll merupakan contoh pola hidup tak sehat. Dari sinilah kulit kusam sangat mudah menyerang kita.

- Pola makan

Sekarang ini masyarakat lebih cenderung suka makan-makanan instan alias junkfood, padahal ini belum tentu baik untuk kesehatan. Terlalu banyak makan gorengan, makanan bersantan, berlemak, dan sejenisnya dapat memicu kulit wajah menjadi kusam tak terawat.

- Faktor lingkungan

Kedaan lingkungan yang penuh dengan debu dan polusi akan berdampak buruk bagi kulit wajah. Maskipun tak berdampak langsung, tapi lama kelamaan akan membuat kulit kamu lebih cepat rusak.

- Stres dan kurang tidur

Stres tak hanya buruk untuk kesehatan tubuh saja, melainkan juga memperburuk kesehatan kulit. Stres dapat memicu hormon tubuh tak stabil, sehingga menyebabkan munculnya jerawat, wajah berminyak, dan kusam.

- Kurangnya konsumsi air putih

Idealnya para ahli merekomendasikan konsumsi air putih minimal 8-10 gelas sehari. Tubuh kita hampir 50 % tersusun atas air, oleh sebab itu jika tak terpenuhi akan membuat kulit menjadi kering dan kusam.

Cara Mencerahkan Wajah Secara Alami Cepat dan Tanpa Efek Samping

Eits... jangan putus asa dulu. Meskipun kulit kamu sekarang kusam dan kering, tapi dengan sedikit perawatan yang akan saya bagikan berikut akan menjadi cerah kembali. Tidak percaya? Lakukan tips mencerahkan wajah alami berikut.

Cara Mencerahkan Wajah Secara Alami

1. Perbanyak konsumsi air putih

Seperti yang telah saya jelasnya diatas tadi, konsumsi air putih sangat diperlukan untuk menjaga kelembaban kulit dari dalam. Nah sekarang cobalah untuk memperbanyak konsumsi air putih.

Jika sehari kamu hanya 8 gelas, pastikan lebih dari itu misalnya menjadi 10-12 gelas. 
Agar tak terasa eneg, kamu bisa membaginya menjadi beberapa sesi. Contohnya pagi hari 2 gelas, siang 4 gelas, sore 2 gelas, dan malam 2 gelas.

2. Bersihkan wajah secara teratur

Kebersihkan wajah sangat berpengaruh terhadap kecerahan kulit wajah kamu. Semakin sering kamu membersihkan wajah, maka akan semakin cerah kulit yang didapatkan. Maka dari itu, selalu bersihkan wajah kamu secara rutin.

Bagi kamu yang beragama Islam, saya yakin pasti membersihkan wajah 5 kali dalam sehari. Meski hanya sekedar berwudhu, tetapi menurut penelitian ini sangat baik untuk mencerahkan kulit wajah secara alami.

3. Pakai lotion pelembab

Kulit kusam biasanya bersifat kering dan pecah-pecah. Agar tampak semakin cerah, saya sarankan kamu menggunakan lotion pelembab secara rutin sebelum beraktivitas. Namun agar lebih sesuai dengan jenis kulit, sebaiknya konsultasikan lotion pelembab pada ahlinya.

4. Penuhi waktu tidur

“Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya” mungkin kata bang Rhoma Irama sangat tepat. Begadang hanya akan membuat kulit kamu nampak pucat, kusam, dan terlihat tak sehat. Oleh sebab itu, lebih baik jangan begadang.

Idealnya menurut penelitian waktu tidur terbaik berkisar antara 8-10 jam dalam sehari. Kurang dari itu tidaklah baik, apalagi kelebihan. Sangat disarankan untuk tidur siang minimal 1 jam, karena menurut pengalaman pribadi ini dapat mencerahkan wajah dengan cepat.

5. Perbanyak refresing, jauhi stres

Stres merupakan kondisi tertekan karena banyak memikirkan masalah yang sedang dihadapi. Semakin lama kamu menderita stres, maka akan semakin tak baik bagi kesehatan tubuh dan kulit.

Stres memicu hormon tubuh bergejolak dan tidak stabil, sehingga mengakibatkan munculnya minyak berlebih yang berujung pada kulit kusam. Agar tidak stres, saya sarankan kamu memperbanyak refresing.

6. Jaga pola makan

Sama halnya dengan tubuh, kulit kamu pun juga perlu nutrisi. Vitamin, mineral, antioksidan, serat, protein, dan sejenisnya sangat baik untuk memberikan nutrisi kulit dari dalam.

Ada banyak sekali kok makanan yang mengandung nutrisi tinggi. Mulai dari buah alpukat, jambu biji, pepaya, buah naga, manggis, dan lain sebagainya. Konsumsilah buah-buahan tersebut secara rutin agar wajah lebih cerah alami.

7. Pakailah lotion pelembab sebelum tidur

Meskipun saat ini belum ada penelitian yang pasti, tapi menggunakan pelembab sebelum tidur dapat membantu mencerahkan wajah kusam secara alami ketika pagi harinya.

Sekarang telah beredar banyak lotion pelembab di pasaran. Dari banyaknya pelembab tersebut saya lebih menyarankan yang terbuat dari sarang wallet (bukan promosi loh).

8. Olahraga teratur

Banyak orang yang berolahraga ketika dirinya sedang sakit. Hal ini tentunya mereka lakukan agar sakit lebih cepat sembuh. Sebenernya olahraga tak hanya membuat tubuh menjadi sehat saja, tetapi juga dapat mencerahkan wajah.

Pada dasarnya olahraga akan membuat kulit lebih banyak mengeluarkan keringat. Nah keringat-keringat inilah yang akan mendorong kotoran di pori dan membuat wajah lebih cerah alami.

9. Gunakan lemon

Lemon dan jeruk nipis sudah terkenal dimana-mana mampu mencerahkan kulit wajah secara alami. Sifatnya yang masam dapat membantu mengangkat kotoran, flek, dan komedo di wajah. Sehingga dalam waktu singkat kamu sudah akan mendapatkan kulit wajah cerah alami.

Cara mencerahkan wajah secara alami dengan lemon:

- Siapkan lemon 1 buah saja.
- Belah menjadi dua bagian, kemudian olesi dengan madu.
- Gosokan perlahan-lahan keseluruh area wajah.
- Diamkan selama kurang lebih 30 menitan, lalu bilas air hangat.
- Biasanya dalam 3-4 kali perawatan, kulit kamu sudah terlihat cerah.

10. Putih telur

Mencerahkan wajah dengan lemon memang cukup efektif, tetapi banyak diantara kita yang tak tahan dengan rasa perih ketika menggunakannya. Apabila kamu salah satu dari mereka, saya sarankan memakai masker putih telur.

Cara mencerahkan wajah secara alami dengan putih telur:

- Kocok putih telur secukupnya sampai berbusa.
- Tambahkan sedikit madu, kemudian oleskan keseluruh wajah setelah mandi.
- Diamkan sampai wajah terasa kaku dan mengering, lalu bilas air hangat.
- Lakukan minimal 3x seminggu untuk mendapatkan hasil luar biasa.

11. Gunakan es batu

Sedangkan bagi kamu yang tak ingin ribet, es batu bisa menjadi pilihan tepat. Mencerahkan wajah dengan es batu mungkin terdengar aneh bin mustahil, tapi percaya atau tidak buktikan sendiri khasiat luar biasanya.

Cara mencerahkan wajah dengan es batu:

- Buat es batu dari perasan jeruk nipis dan madu.
- Tempel dan gosok keseluruh area wajah sebelum tidur.
- Tunggu semalaman, kemudian pagi harinya gosok lagi.
- Biasanya 2-3 hari perawatan sudah menunjukan hasilnya.

Bagaimana, mudah sekali bukan? bagi kamu yang suka merawat kecantikan wajah alami, saya sarankan untuk menggunakan masker alami buatan sendiri. Masker tersebut tak hanya mencerahkan wajah saja, tapi juga memutihkan dan mengatasi penuaan dini, sehingga kulitpun jauh lebih awet muda.

Itulah cara mencerahkan wajah kusam dan berminyak secara alami yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Selamat mencoba di rumah!

Bermanfaat dan menarik? Bantu share ke teman lain yuk
Baca juga: Cara Memutihkan Kulit Dalam 1 Minggu Perawatan
Share:
sumber: http://www.cantikitu.com/2016/02/cara-mencerahkan-wajah-secara-alami.html

Tags :

Related Post : 11 Cara Mencerahkan Wajah Kusam dan Berminyak Secara Alami

0 komentar:

Posting Komentar