Blog ini berisi tentang tips mengenai perawatan wajah secara alami sehingga mendapatkan wajah yang cantik, cerah dan terhindar dari jerawat, wajah kusam, wajah berminyak dan kerutan.

Selasa, 17 Januari 2017

14 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Manfaat daun salam sudah dikenal sejak dulu oleh orang-orang Yunani hingga kemudian tersebar disebagian benua Eropa dan Amerika. Daun ini dimanfaatkan dengan cara yang berbeda-beda disetiap negara.

Di India dan Pakistan misalnya, daun salam digunakan untuk membuat pewangi (parfum). Sedangkan di negara kita, daun salam sering digunakan untuk masakan terutama yang berbau daging.Aromanya yang khasmenjadi daya tarik tersendiri.


manfaat daun salam untuk kesehatan


Kandungan Gizi Daun Salam
  • Mengandung minyak essensialyang memiliki eugenol dan metil kavikol
  • Kandungan ekstrak etanol bersifat anti-bakterial dan anti-jamur
  • Ekstrak metanol yang dapat membunuh cacing
  • Beberapa kandungan kimia seperti flavonoid, tannin, dan minyak atsiri
  • Vitamin B kompleks dan vitamin C yang baik untuk kekebalan tubuh.

Khasiat Daun Salam untuk Kesehatan yang Luar Biasa

Dikenal dengan nama latin syzygium polyanthum, daun salam ternyata memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Tak hanya mencegah penyakit saja, daun ini pun juga bisa mengobati beberapa penyakit berbahaya.

Apa sajakah manfaat daun salam untuk kesehatan itu?

1. Mencegah dan mengobati kanker mematikan

Di masa lalu, bangsa Yunani menggunakan daun salam untuk berbagai pengobatan. Mulai dari merangsang keluarnya cairan empedu, mengeluarkan keringat, hingga menangani kanker yang mematikan.

Setelah diteliti, ternyata daun salam memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dapat mencegah radikal bebas penyebab kerusakan sel, seperti kanker. Nah bagi kamu yang ingin terhindar dari kanker tak ada salahnya mencoba daun ini.

2. Mengobati nyeri sendi akibat asam urat – rematik

Banyaknya konsumsi purin yang masuk dalam tubuhmu bisa memicu munculnya asam urat atau rematik. Hampir 70 % lebih penyakit asam urat diderita oleh para lansia.

Meski kebanyakan diderita para orang tua, tapi selagi muda kamu juga wajib mencegahnya. Untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh konsumsilah segelas air rebusan daun salam setiap harinya.

3. Menurunkan kolesterol

Kolesterol terbagi menjadi dua jenis, kolesterol baik dan kolesterol jahat. Sesuai dengan namanya, sifat kedua kolesterol ini berbeda.

Bila yang jahat lebih tinggi, maka tubuhmu akan sangat mudah terserang penyakit seperti hipertensi, stroke, dan bahkan serangan jantung.

Beberapa ahli medis percaya kalau rebusan daun salam dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Jadi, konsumsilah secara rutin agar tubuh tetap sehat.

4. Mengurangi kadar gula darah

Meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh dapat disebabkan karena pola hidup yang kurang sehat. Jika kadar gula darah tinggi dibiarkan dalam waktu lama, maka kamu akan terserang diabetes melitus.

Daun salam memiliki kandungan kalium dan mineral lengkap yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Sehingga daun ini sangat mujarab untuk mencegah penyakit diabetes (kencing manis).

5. Mengobati diare dan merawat sistem pencernaan

Manfaat daun salam selanjutnya adalah mengobati diare. Ya, daun salam memiliki etanol yang dapat membunuh bakteri penyebab diare (mencret).

Selain itu, kandungan metanolnya juga efektif untuk membunuh cacing di perut. Ini sangat cocok untuk mengobati cacingan yang sering terjadi pada anak-anak.

6. Menghilangkan kutu, kecoa, dan lalat

Daun salam termasuk kedalam obat kutu herbal yang sudah ada sejak dulu. Selain mengobati kutu, ekstrak daun ini juga dapat membantu mengusir serangga seperti lalat dan kecoa.

Caranya sangat mudah sekali. Rebus daun salam secukupnya, kemudian gunakan ke area rambut untuk menghilangkan kutu. Sedangkan untuk mengusir serangga semprotkan air rebusannya ke area berkumpulnya hewan tersebut.

7. Mengobati radang tenggorokan

Cuaca panas kadang membuat kita mengalami radang tenggorokan. Namun kamu tak perlu cemas, daun salam memiliki sifat anti-inflamasi yang berguna untuk mengobati peradangan.

Tidak hanya radang tenggorokan saja, peradangan lain seperti akibat luka baru, jerawat, paparan sinar matahari, dan lainnya juga bisa kamu sembuhkan dengan daun ini.

Caranya dengan merebus daun salam secukupnya kemudian konsumsi secara rutin atau basuhkan ke area kulit yang meradang.

8. Memutihkan gigi

Sebelum ada pasta gigi seperti sekarang ini, nenek moyang kita dulu menggunakan daun salam untuk menjaga kesehatan gigi mereka. Ternyata memang benar, daun ini dapat membantu meningkatkan kecerahan warna gigi lho.

Cara memutihkan gigi dengan daun salam:
  • Keringkan daun salam bersama kulit jeruk
  • Tumbuk kedua bahan tersebut hingga halus, lalu campur sedikit air hangat
  • Gunakan campuran tadi seperti pasta gigi pada umumnya.

Note: jangan terlalu sering menggunakan daun salam untuk menyikat gigi. Karena ia bisa menyebabkan munculnya rasa ngilu.

9. Mengobati mata merah dan iritasi

Mata merah dapat disebabkan karena berbagai faktor. Mulai dari terkena debu, terlalu lama di depan komputer, iritasi, peradangan, dan bahkan penyakit. Untuk mengobatinya kamu bisa menggunakan air rebusan daun salam.

Caranya cukup dengan membasuhkan ke area mata secara merata. Kandungan vitamin dalam daun ini dipercaya dapat meredakan mata merah.

Manfaat daun salam lainnya:

manfaat daun salam kering untuk kesehatan

10. Di India Barat, selain digunakan untuk masakan, daun salam juga digunakan untuk membuat pewangi.

11. Kandungan etanol dan metanolnya dipercaya dapat membantu menghilangkan ketombe membandel di kulit kepala.

12. Yang sedang populer daun salam sering digunakan sebagai dekorasi, seperti dalam hiasan ruangan.

13. Minyak ekstrak daun salam dapat menjadi bahan pembuatan deterjen, kosmetik, dan sabun.

14. Daun salam dapat menjadi obat pereda rasa sakit.

Cara Memilih Daun Salam untuk Diolah Sebagai Obat Tradisional
  • Pilihlah yang daunnya cukup lebar, warnanya hijau cerah dan segar
  • Untuk daun kering pilih yang tidak mudah patah dan tidak berlubang.

Penting: Belum ada penelitian yang mengungkap tingkat keamanan konsumsi ekstrak daun salam bagi ibu hamil, menyusui, dan bayi. Oleh sebab itu, lebih baik konsultasikan dulu ke dokter sebelum mengonsumsinya.

Itulah beberapa manfaat daun salam untuk kesehatan yang luar biasa. Apabila ada yang kurang jelas langsung saja kirim pertanyaanmu ke kolom komentar di bawah. Selamat mencoba dan jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat.

Baca juga: manfaat daun sirsak
Share:
sumber: http://www.cantikitu.com/2016/09/manfaat-daun-salam-untuk-kesehatan.html

Tags :

Related Post : 14 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

0 komentar:

Posting Komentar