Blog ini berisi tentang tips mengenai perawatan wajah secara alami sehingga mendapatkan wajah yang cantik, cerah dan terhindar dari jerawat, wajah kusam, wajah berminyak dan kerutan.

Selasa, 03 Januari 2017

9 Cara Membuat Masker Wajah Alami untuk Perawatan di Rumah

Melakukan perawatan wajah sebenarnya tak harus menguras isi kantong. Masker wajah alami bisa membantumu memiliki kulit cerah, sehat, dan bebas jerawatan tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

Bahan untuk membuat masker alami bisa dengan mudah kamu peroleh di pusat perbelanjaan terdekat. Bahkan, beberapa bahan tersebut ada di rumahmu.

cara membuat masker wajah alami dengan mudah

Meskipun tergolong ringan dan alami, ada baiknya kamu tes terlebih dulu apakah bahan tersebut menyebabkan alergi atau tidak. Karena setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda, sehingga perawatannya pun juga beda.

Untuk mengetahui kulit mengalami alergi atau tidak, kamu bisa mengoleskan bahan masker disisi dalam tangan. Selanjutnya, tunggu dan lihat apakah ada kemungkinan alergi beberapa jam kemudian.

Jika tidak ada efek alergi seperti bintik merah, gatal, meradang, dan sebagainya kamu bisa menggunakan bahan tersebut sebagai masker wajah. Bagaimana cara membuatnya? Langsung saja simak ulasan berikut ini.

Cara Membuat Masker Alami Wajah untuk Merawat Kulit Sendiri di Rumah

Masing-masing bahan memiliki manfaat yang berbeda. Jadi, kamu bisa memilih masker alami berikut sesuai dengan kebutuhan.

1. Madu dan minyak zaitun

Madu dikenal cukup bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit, termasuk salah satunya dapat merawat kondisi kulit kering yang kamu alami.

Masker madu bisa kamu manfaatkan hanya dengan mengoleskan ke area kulit selama beberapa menit. Kemudian, bilas dengan air hangat.

Selain itu, madu juga bisa dikombinasikan dengan minyak zaitun. Salah satu jenis minyak zaitun kualitas terbaik adalah extra virgin olive oil.

Cara membuat masker wajah alami dari madu dan zaitun:
  • Campurkan 1 sdt madu dengan 1 sdt minyak zaitun kualitas terbaik. Bila ada, kamu boleh menambahkan 2 sdt cuka sari apel
  • Gunakan campuran bahan-bahan alami tadi keseluruh area wajah secara merata. Diamkan kurang lebih selama 10-15 menitan agar meresap
  • Setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat hingga bersih.

2. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang diperkaya dengan nutrisi cukup lengkap. Mulai dari vitamin E, mineral alami, folat, dan masih banyak lagi.

Masker alpukat ini sangat cocok digunakan untuk kulit bertipe kering, kusam, dan bahkan bersisik. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan kulit lembab alami.

Cara membuat masker wajah alami dari alpukat:
  • Potong alpukat menjadi dua bagian, lalu ambil haluskan setengah porsi dari daging buah alpukat tersebut menggunakan blender
  • Untuk hasil terbaik kamu juga bisa menambah madu dan minyak zaitun seperlunya. Kemudian oleskan keseluruh bagian wajah kurang lebih 25-30 menit
  • Bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih.

3. Oatmeals

Bisa dibilang masker oatmeals cocok untuk semua jenis kulit. Baik itu kulit kering, berminyak, ataupun sensitif seperti mudah jerawatan.

Oatmeals kaya akan kandungan serat, sehingga ia dapat membantu mengangkat sel kulit mati penyebab masalah kulit wajah.

Cara membuat masker alami wajah dari oatmeals:
  • Campur oatmeals dengan air hangat hingga membentuk adonan mirip pasta
  • Pastikan wajah dalam keadaan bersih. Selanjutnya oleskan masker ini merata keseluruh bagian wajah dan lehermu
  • Agar meresap diamkan kurang lebih selama 15-20 menit. Lalu bilas dengan menggunakan air dingin hingga bersih.

Note: untuk melembabkan kulit kering kamu bisa menambahkan satu cangkir oatmeals ke bak mandi air hangat.

4. Flax seeds

cara membuat masker wajah alami

Jenis biji-bijian satu ini diperkaya dengan kandungan asam lemak omega yang cukup baik untuk menjaga tubuh tetap sehat. Namun ternyata, membuatnya menjadi masker wajah alami juga sangat bermanfaat. Nggak percaya?

Cara membuat masker wajah alami dari flax seeds:
  • Campurkan dua sendok teh flax seeds dan tambahkan air seperlunya hingga menutupi semua flax seeds
  • Biji-bijian ini akan mulai mengembang dan membuat air disekitarnya menjadi kental
  • Nah sekarang oleskan air kental tadi secara merata keseluruh bagian wajah. Diamkan hingga mengering, setelah itu bilas dengan air bersih.

5. Lemon

Lemon merupakan buah yang kaya akan vitamin C. Di dalamnya juga terkandung senyawa alpha-hydroxy acids (AHA) yang dapat membantu proses pengelupasan sel kulit mati.

Beberapa komponen keasaman yang ada dalam lemon juga bisa membantu mencerahkan kulit secara alami. Tak heran, sekarang ini banyak produk pemutih wajah yang menyertakan lemon di dalamnya.

Cara membuat masker wajah alami dari lemon:
  • Campurkan air perasan lemon, madu, dan dua sendok teh bubur oatmeals. Disini oatmeals berperan sebagai scrub yang membantu mengangkat sel kotoran di pori
  • Selanjutnya oleskan ke bagian wajah yang kamu inginkan secara merata. Diamkan kurang lebih selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat sambil digosok memutar secara perlahan
  • Selain cara diatas, kamu juga bisa langsung mengoleskan air perasan lemon keseluruh bagian wajah secara merata. Setelah 20 menit bilas air hangat. Cara seperti ini cocok untuk kulit berminyak.

Note: hindari menggunakan lemon terlalu sering, karena dapat menyebabkan iritasi kulit. Sebaiknya gunakan masker lemon ini seminggu 3x.

6. Pepaya

Mungkin beberapa dari kita sering melihat produk pemutih yang mengandung pepaya, misalnya seperti sabun pepaya. Buah ini memang banyak diekstrak dalam produk pemutih karena ia mengandung enzim papain.

Papain merupakan enzim yang berguna untuk membantu proses pengelupasan sel kulit mati, sehingga dapat membuka jalan regenerasi sel kulit baru. Alhasil, kamu pun akan mendapatkan kulit mulus, halus, dan cerah berseri.

Untuk hasil terbaik gunakanlah pepaya hijau atau yang masih muda, karena saat itulah enzim papain bekerja secara lebih efektif.

Cara membuat masker wajah alami dari pepaya:
  • Kupas kulit pepaya, selanjutnya potong-potong
  • Haluskan potongan kulit pepaya tadi hingga halus menggunakan blender. Pastikan halusan membentuk mirip pasta ya
  • Oleskan secara merata keseluruh bagian kulit dan diamkan kurang lebih selama 20 menit. Lalu bilas dengan air sampai bersih.

7. Bubuk kunyit

Pengen kulit putih berseri? Kunyit bisa menjadi solusinya. Kunyit mengandung senyawa aktif bernama kurkumin yang dipercaya berfungsi sebagai anti-oksidan. Metode pemutihan memakai kunyit ini sudah dilakukan sejak berabad-abad.

Kunyit dipercaya dapat menghambat produksi melanin, yaitu sebuah pigmen yang dapat membuat kulit kita menjadi gelap. Hingga sekarang banyak yang puas dengan kinerja kunyit, meskipun belum ada uji secara klinis.

Cara membuat masker wajah alami dari kunyit:
  • Sediakan sejumput bubuk kunyit, dua sendok teh bubur oatmeals, dan beberapa tetes air perasan lemon
  • Campurkan semua bahan tersebut hingga menjadi pasta yang mengental
  • Oleskan secara merata keseluruh bagian wajah. Biarkan sampai mengering dan bilas dengan memakai air dingin sampai bersih
  • Setelah kering bilas dengan menggunakan air sambil menggosoknya memakai ujung jari
  • Kamu juga bisa membuat masker wajah dari bubuk kunyit dan minyak zaitun. Pastikan membuat takaran yang pas mirip pasta

Note: masker kunyit cocok untuk kamu yang memiliki kulit berminyak.

8. Yoghurt

Yoghurt mengandung AHA, khususnya jenis asam laktat. Menurut penelitian, asam laktat merupakan zat paling efektif yang diserap oleh kulit. Kandungan senyawa tersebut dapat membantu proses pengelupasan sel kulit mati.

Cara membuat masker wajah alami dari yoghurt:
  • Ada dua cara yang bisa kamu coba. Pertama, kamu bisa langsung mengoleskan yoghurt tawar (tanpa pemanis) ke wajah. Kedua, untuk hasil terbaik kamu bisa mencampurnya dengan bubur oatmeals
  • Campurkan yoghurt tawar dengan bubur oatmeals hingga membentuk adonan mirip pasta. Kemudian oleskan ke seluruh bagian wajah dan leher kurang lebih 30 menitan.
  • Akhiri dengan membilas memakai air bersih sambil digosok perlahan-lahan.

9. Masker bengkoang

Yang terakhir adalah masker bengkoang. Tentu kamu sudah tau kan manfaat dari masker ini? Ya, bengkoang sangat terkenal ampuh dalam memutihkan kulit wajah dengan cepat, menghilangkan flek hitam, dan bahkan mengencangkan kulit. Langsung saja simak cara membuatnya berikut ini.
  • Siapkan satu bengkoang yang masih segar. Kemudian kupas, cuci bersih, dan parut sampai halus
  • Peraslah parutan bengkoang tadi dan biarkan mengendap selama semalaman
  • Ambil endapannya saja kemudian oleskan secara merata keseluruh bagian wajah
  • Diamkan hingga kaku dan mengering, lalu bilas dengan air bersih.

Bagaimana, gampang kan?

Itulah beberapa cara membuat masker wajah alami yang bisa kamu gunakan untuk perawatan kulit di rumah. Silahkan pilih masker yang sesuai dengan kondisi kulitmu saat ini, lalu terapkan secara rutin dan konsisten. Selamat mencoba dan jangan lupa share hasilnya di kolom komentar ya.

Baca juga: cara merawat kulit wajah yang benar
Share:
sumber: http://www.cantikitu.com/2016/08/cara-membuat-masker-wajah-alami.html

Tags :

Related Post : 9 Cara Membuat Masker Wajah Alami untuk Perawatan di Rumah

0 komentar:

Posting Komentar