Blog ini berisi tentang tips mengenai perawatan wajah secara alami sehingga mendapatkan wajah yang cantik, cerah dan terhindar dari jerawat, wajah kusam, wajah berminyak dan kerutan.

Jumat, 20 Januari 2017

9 Cara Mengobati Sakit Perut Paling Ampuh Secara Alami

Cara Mengobati Sakit Perut – Hampir setiap orang pasti sudah pernah mengalami sakit atau nyeri perut. Sebagian besar penderita tidak memiliki penyebab serius. Akan tetapi, ada beberapa sakit perut yang menjadi gejala dari penyakit lain yang lebih serius dan berbahaya. Kita harus bisa mengenali dulu gejala sakit perut untuk mengetahui penyebabnya dan pengobatan yang tepat.

Sakit perut yang terjadi pada bagian abdomen dapat mengakibatkan munculnya kram perut atau pun sakit perut biasa. Kondisi semacam ini biasanya akan sembuh dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Namun apabila sakit perut muncul secara tiba-tiba dan berpusat pada satu titik, harap waspada, biasanya ini pertanda keadaan darurat. Segera hubungi dokter terdekat jika mengalaminya.

Penyebab Sakit Perut yang Umum Terjadi

- Sakit perut karena diare: munculnya sakit perut ini disebabkan karena pengaruh bakteri, yang mana mereka mengakibatkan peradangan pada perut.
- Kram perut akibat masuk angin: biasanya sakit perut ini disertai dengan kembung dan sering bersendawa. Sesuai namanya, penyebab sakit perut ini disebabkan adanya angin yang masuk ke dalam tubuh.
- Sakit perut secara mendadak dan parah: ada beberapa penyakit yang menjadi penyebab sakit perut mendadak seperti radang usus buntu, batu ginjal, tukak peptik, divertikulitis, dan batu empedu. Segera hubungi dokter atau ahlinya jika kamu mengalami sakit perut ini.
- Sakit perut kambuhan atau kronis: sakit ini muncul secara berkala dalam jangka waktu tertentu. Beberapa penyebab sakit perut ini antara lain meliputi maag, menstruasi, kontipasi, dan infeksi saluran kemih.

Cara Mengatasi Sakit Perut Dengan Mudah Secara Alami

cara mengobati sakit perut secara alami

1. Jambu biji

Pengobatan pertama bisa kamu lakukan dengan mengonsumsi jambu biji, terutama untuk sakit perut akibat diare, makan pedas, dan sembelit. Jambu mampu meningkatkan penyerapan air pada bagian usus, sehingga cukup baik untuk mengatasi sakit perut akibat diare.

Kamu bisa mengonsumsi buah jambu biji secara langsung atau pun membuatnya dalam bentuk jus. Bila hasilnya tidak terlihat setelah tiga hari, konsumsi juga air rebusan daun jambu biji muda minimal satu kali sehari. Biasanya dalam waktu kurang dari seminggu sudah sembuh.

2. Jus wortel

Jus wortel bisa dikatakan obat sakit perut alami yang cukup praktis dan ampuh. Wortel memiliki kandungan kalium tinggi yang dapat melancarkan pencernaan dalam tubuh, termasuk salah satunya pada saat pembentukan tinja.

Kamu juga bisa menambahkan daun mint untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Selain mengatasi sakit perut, kandungan mineral alami pada wortel dan daun mint, juga dapat mengurangi nyeri akibat peradangan lambung.

3. Yoghurt

Seperti telah kita ketahui bersama, yoghurt merupakan minuman probiotik yang sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan, melancarkan BAB, dan meningkatkan imun. Manfaat inilah yang menjadikan yoghurt ampuh dalam mengobati sakit perut.

Apapun jenis sakit perut yang kamu alami, yoghurt bisa menjadi obatnya. Konsumsilah yoghurt sebanyak 4-5 sendok makan sebelum sarapan atau pun tidur. Hasil biasanya sudah terlihat hanya dalam tiga hari konsumsi.

4. Pepaya

Dulu saya sudah pernah share manfaat pepaya, yang mana salah satunya dapat menghilangkan sakit perut. Buah ini diperkaya dengan kandungan serat tinggi, jadi bisa melancarkan sistem pencernaan. Namun hati-hati, tidak semua jenis sakit perut bisa diobati dengan buah ini.

Apabila kamu mengalami sakit perut akibat kembung, sebaiknya jangan konsumsi buah pepaya. Kandungan serat tinggi dapat meningkatkan produksi angin dalam tubuh. Nah, bukannya sembuh justru perut kembung kamu semakin parah. Sedangkan jika penyebabnya lain, kamu boleh mengonsumsi pepaya.

5. Cuka sari apel

Cuka sari apel terkenal dengan kandungan antioksidan tinggi yang bisa mengobati berbagai penyakit, termasuk salah satunya sakit perut. Tetapi karena sifatnya asam, usahakan jangan mengobati sakit perut akibat maag dengan cuka sari apel.

Untuk mengatasi sakit perut dengan cuka sari apel cukup mudah. Larutkan satu sendok makan ramuan ini bersama dengan tiga sendok makan madu dan segelas air hangat. Minumlah secara rutin minimal satu kali sehari. Ingat, jangan gunakan cuka sari apel apabila kamu adalah penderita maag.

6. Pisang

Tak usah bingung mencari obat sakit perut sana-sini. Hanya dengan konsumsi pisang saja sakit perut kamu sudah sembuh sendirinya. Buah berwarna kuning ini memiliki kandungan potasium, kalium, dan elektrolit tinggi yang dapat membantu memelihara pencernaan, mencegah dehidrasi, dan bahkan dapat membuang racun berbahaya (detoksifikasi) dari dalam tubuh.

Terserah kamu ingin mengonsumsi jenis pisang apa. Kalau saya pribadi lebih suka dengan pisang ambon dan raja. Sebab selain rasanya enak, jenis pisang ini juga memiliki tekstur lembut di mulut. Jika bosan konsumsi pisang secara langsung, kamu bisa mengolahnya dalam bentuk jus atau smoothies nikmat.

7. Air kelapa

Air kelapa sangat nikmat dan segar apabila kita konsumsi saat udara panas, apalagi sambil liburan di tepi pantai. Selain menyegarkan, ternyata air kelapa juga memiliki kandungan berbagai mineral alami dan elektrolit yang dapat mengatasi sakit perut.

Menurut beberapa penelitian, kandungan kalium dalam air kelapa dapat membantu mengeluarkan racun penyebab sakit perut. Dengan demikian, air kelapa bisa menjadi obat sakit perut akibat keracunan makanan tertentu. Minumlah minimal 1 gelas sehari untuk mendapatkan hasil maksimal.

8. Teh jahe

Tak ada kelapa di sekitar rumahmu? Nggak usah cemas, kamu masih bisa mengatasi sakit perut dengan teh yang dicampur jahe. Ramuan herbal ini saya dapatkan dari nenek. Meskipun belum ada penelitian terkait, tapi saya sudah membuktikan sendiri keampuahannya dalam mengobati sakit perut.

Cara mengatasi sakit perut dengan teh jahe:

- Buat teh hangat seperti biasanya. Usahakan air seduhannya panas.
- Tumbuk jahe sebesar ibu jari, kemudian masukan kedalam teh.
- Tunggu sekitar 5 menit. Kamu bisa juga menambahkan gula agar lebih nikmat.
- Minum ramuan tadi selagi masih hangat. Agar hasilnya maksimal saran saya konsumsilah sebelum sarapan.

9. Buah salak

Mungkin beberapa diantara kita sudah tau khasiat buah salak dalam mengobati sakit perut. Yup, buah satu ini sudah dipercaya secara turun temurun sebagai obat diare, bahkan sejak penjajahan sampai sekarang.

Mengonsumsi 2-3 buah salak dalam sehari sangat efektif untuk mengatasi sakit perut akibat diare. Oleh sebab itu, jangan lewatkan buah kaya manfaat satu ini.

Lakukan Tips Ini Agar Pengobatan Sakit Perut Berhasil

Agar hasilnya maksimal, selama pengobatan kamu harus mematuhi beberapa aturan khusus. Antara lain seperti:

- Banyak beristirahat sampai perut merasa lebih baik
- Minum banyak air putih untuk mencegah dehidrasi. Minumnya air sedikit demi sedikit tapi sering, sebab perut lebih mudah dalam memprosesnya.
- Hindari minuman keras dan minuman berkarbonasi. Misalnya seperti minuman bersoda.
- Cobalah mengonsumsi makanan dalam porsi kecil dan ringan, seperti roti kering atau biskuit, cemilan pisang, dan apel.
- Jangan mengonsumsi makanan pedas, karena ia akan memperparah sakit perut akibat diare yang kamu alami. Usahakan jangan mengonsumsi makanan pedas minimal 48 jam setelah pengobatan.
- Jangan konsumsi makanan yang tinggi lemak. Sebab makanan berlemak pada dasarnya membuat proses pencernaan makanan lebih berat.
- Lakukan olahraga secara teratur. Bila perlu, mulai sekarang berhenti merokok.

Kapan Harus Pergi ke Dokter?

cara mengatasi sakit perut secara alami

Apabila gejala sakit perut yang kamu derita tidak membaik selama 2-3 minggu pengobatan atau disertai dengan gejala seperti di bawah ini, sangat disarankan untuk segera menemui dokter.

- Ketika muntah-muntah selama beberapa hari
- Serangan demam yang tak kunjung sembuh
- Tidak bisa buang air besar sama sekali
- Buang air kecil terasa sakit dan terlalu sering
- Rasa sakit berasal dari cedera pada bagian perut
- Perut terasa sakit jika disentuh
- Muntah darah
- Buang air besar disertai dengan bercak darah
- Kesulitan bernafas
- Merasakan sakit perut ketika hamil.

Sebelum ke dokter, ingat-ingat kembali makanan apa yang 3 hari terakhir ini kamu konsumsi, serta gejala-gejala apa saja yang muncul. Informasi semacam ini sangat membantu dokter dalam mendiagnosa dan mengatasi sakit perut yang kamu alami.

Itulah beberapa cara mengobati sakit perut paling ampuh secara alami yang bisa saya sajikan kali ini. Bila ada pertanyaan atau ingin menambahkan, langsung saja tulis melalui kolom komentar yang sudah tersedia, kita akan disuksikan bersama-sama. Salam!

Baca juga: cara mengobati perut kembung secara alami
Share:
sumber: http://www.cantikitu.com/2016/04/cara-mengobati-sakit-perut-hampir.html

Tags :

Related Post : 9 Cara Mengobati Sakit Perut Paling Ampuh Secara Alami

0 komentar:

Posting Komentar