Blog ini berisi tentang tips mengenai perawatan wajah secara alami sehingga mendapatkan wajah yang cantik, cerah dan terhindar dari jerawat, wajah kusam, wajah berminyak dan kerutan.

Sabtu, 14 Januari 2017

Cara Membuat Masker Pepaya Untuk Perawatan Kulit Wajah


Cara membuat masker pepaya dengan mudah
Masker pepaya bisa buat kulitmu sehat dan cantik alami

Cara Membuat Masker Pepaya Untuk Perawatan Kulit Wajah – Pepaya merupakan buah yang cukup terkenal dengan kandungan serat di dalamnya. Kandungan serat buah pepaya inilah yang berkhasiat untuk merawat dan melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh kita.

Namun selain bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan, manfaat pepaya bagi kecantikan kulit kamu juga sangat besar lho. Dengan kandungan nutrisi berupa vitamin, mineral, dan berbagai antioksidan dalam pepaya dipercaya sangat baik digunakan untuk membuat masker wajah alami.

Sebenarnya masker wajah alami dari buah pepaya sudah banyak sekali digunakan wanita untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit mereka. Nah bagi kamu yang ingin melakukan perawatan secara alami, simak nih cara membuat masker pepaya untuk merawat kulit wajah secara alami.

Cara Mudah Membuat Makser Pepaya Untuk Merawat Kulit Wajah

Merawat kulit wajah secara alami dengan masker pepaya sangatlah baik sekali, akan tetapi untuk memperluas nilai khasiatnya saya sarankan kamu juga mengombinasikan masker pepaya dengan bahan alami lain.

1. Masker pepaya, oatmeals, dan madu alami

Madu merupakan minuman yang mengandung banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh kamu. Mulai dari meningkatkan imun sampai memberikan asupan nutrisi secara optimal.

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, madu cukup baik untuk mengencangkan kulit dan mencegah penuaan dini. Bahkan kandungan antioksidannya dipercaya juga dapat melindungi kulit dari efek buruk radikal bebas.

Cara membuat masker pepaya, oatmeals, dan madu:

- Langkah pertama siapkan dahulu 1 cangkir daging buah pepaya yang masih segar dan matang. Selain itu siapkan pula oatmeals 4 sendok makan, dan madu 3 sendok makan.

- Campurkan semua bahan alami tersebut sampai merata, kamu bisa menganduk-aduk bahan tersebut beberapa menit. Usahakan adonan yang kamu buat memiliki tekstur seperti pasta atau krim.

- Sebelum mengaplikasikan masker tersebut ke area wajah, silahkan bersihkan muka terlebih dahulu dengan sabun khusus. Ini berguna agar kotoran tidak menghambat penyerapan nutrisi kedalam kulit wajah kamu.

- Setelah bersih, mulailah mengoleskan masker pepaya tersebut sedikit demi sedikit keseluruh area wajah, termasuk jangan lupa pada bagian leher. Tetapi hindari mengoleskan area sekitar mata, sebab akan menyebabkan rasa perih jika menyentuh mata.

- Agar meresap secara optimal, diamkan masker pepaya tersebut selama kurang lebih 30 menit. Apabila sudah terasa kaku dan mengencang, bilas masker dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

2. Masker pepaya, tepung beras, dan yoghurt

Ingin kulit nampak putih dan mulus? Jika kamu mendambakan kulit semacam itu, silahkan gunakan masker satu ini nih. Tepung beras mengandung vitamin B1 yang mampu memutihkan kulit secara alami, sedangkan yoghurt memiliki kandungan asam laktat yang bermanfaat untuk mengencangkan dan menghaluskan kulit. (Baca juga: cara membuat masker beras untuk memutihkan kulit secara alami)

Cara mudah membuat masker pepaya, tepung beras, dan yoghurt:

- Pertama kalinya siapkan 1 cangkir daging buah pepaya halus, 3 sendok makan tepung beras, dan 4 sendok makan yoghurt tawar (belum ada pemanisnya).

- Semua bahan yang telah kita persiapkan tadi silahkan dicampur sampai merata. Kamu bisa menggunakan blender untuk mencampur semua bahan tadi.

- Setelah mandi, oleskan masker tersebut secara merata keseluruh bagian wajah dan leher. Usahakan ketika mengoleskan masker tersebut kamu beri pijatan lembut selama 5 menit saja (agar meresap).

- Selanjutnya diamkan masker wajah alami ini bekerja selama 1 jam. Jika sudah terasa kaku dan mengencang, bilas masker dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

3. Masker pepaya, minyak zaitun, dan putih telur

Masker wajah alami selanjutnya memadukan antara pepaya, minyak zaitun, dan putih telur. Bagi seorang yang gemar melakukan perawatan, pasti sudah tidak asing lagi dengan bahan-bahan tradisional tersebut.

Minyak zaitun bermanfaat untuk menjaga kulit tetap awet muda, mengatasi jerawat, mengatasi peradangan, dan flek hitam. Sedangkan putih telur mengandung protein tinggi yang mampu meningkatkan regenerasi sel-sel kulit secara optimal.

Cara membuat masker pepaya, minyak zaitun, dan putih telur:

- Terlebih dahulu siapkan 1 cangkir halusan daging buah pepaya, 3 sendok makan minyak zaitun, dan putih telur dari 1 butir telur ayam/bebek.

- Selanjutnya campurkan semua bahan diatas menjadi satu, pastikan masker yang kamu buat hampir sama seperti tekstur pasta. Sebab jika terlalu encer nantinya akan sangat sulit diaplikasikan ke wajah.

- Sebelum menggunakan, agar nutrisi dari masker terserap optimal silahkan bersihkan area wajah dengan air hangat terlebih dahulu.

- Setelah itu oleskan masker pepaya ini secara merata keseluruh bagian wajah. Beri pijatan memutar selama 10 menit, lalu diamkan sekitar 30 menitan.

- Sekarang kamu bisa membilas masker pepaya ini sampai bersih dengan air hangat, lalu lanjutkan air dingin untuk meringkas pori.

4. Masker pepaya dan lemon

Punya masalah jerawat dan kulit berminyak? Jika kamu memiliki kedua masalah tersebut, gunakan masker pepaya dan lemon ini. Dengan kandungan vitamin C dan antibakterial dalam lemon, baik minyak ataupun bakteri penyebab jerawat bisa teratasi dengan sangat mudah. Tentunya akan semakin mujarab apabila dikombinasi dengan pepaya.

Cara mudah membuat masker pepaya dan lemon:

- Terlebih dahulu siapkan 1 cangkir halusan daging buah pepaya, serta 3 sendok makan air perasan lemon.

- Campur kedua bahan alami tersebut sampai membentuk pasta lembut. Sebelum menggunakan, bersihkan area wajahmu dengan sabun khusus muka terlebih dahulu.

- Setelah bersih, oleskan masker pepaya tadi secara merata keseluruh bagian wajah. Namun tidak untuk bagian mata dan bibir.

- Agar hasilnya semakin maksimal, beri pijatan lembut ke area wajah dengan gerakan melingkar. Setelah itu diamkan selama 30 menit.

- Untuk membersihkannya gunakan air dingin dengan cara membasuhkan secara lembut keseluruh area wajah.

5. Masker pepaya dan tomat

Cara membuat masker wajah alami terakhir adalah dengan mengombinasikan antara pepaya dan tomat. Asam folat dalam pepaya akan berkontribusi secara baik dengan kandungan vitamin E dalam tomat.

Adapun manfaat masker wajah alami satu ini antara lain melembabkan kulit, mengatasi bintik hitam, menghaluskan kulit, dan masih banyak lagi.

Cara membuat masker pepaya dan tomat:

- Kamu siapkan 1 cangkir halusan daging buah pepaya matang dan 1 buah tomat segar. Lalu campurkan kedua bahan tersebut sampai merata.

- Ada baiknya kamu menggunakan masker ini setelah mandi, sebab setelah mandi kulit terbebas dari kotoran sehingga mampu menyerap nutrisi dari masker tersebut secara maksimal.

- Apabila sudah bersih, mulailah mengoleskan masker wajah alami satu ini secara merata. Jangan lupa beri urutan atau pijatan selama 5 menit dan diamkan sekitar 1 jam.

- Terakhir, bilas masker tersebut dengan air hangat dan lanjutkan membilas air dingin untuk meringkas/menutup pori wajah.

Itulah sajian informasi singkat mengenai cara membuat masker buah pepaya untuk merawat kulit secara alami. Selain baik untuk kulit, kamu juga bisa menggunakan masker-masker diatas untuk merawat kesehatan rambut secara alami. Tidak percaya? Silahkan buktikan sendiri khasiatnya !


Semoga bermanfaat dan selamat mencoba...!

Baca juga: Cara membuat masker coklat untuk perawatan
Share:
sumber: http://www.cantikitu.com/2015/08/cara-membuat-masker-pepaya-untuk.html

Tags :

Related Post : Cara Membuat Masker Pepaya Untuk Perawatan Kulit Wajah

0 komentar:

Posting Komentar