Blog ini berisi tentang tips mengenai perawatan wajah secara alami sehingga mendapatkan wajah yang cantik, cerah dan terhindar dari jerawat, wajah kusam, wajah berminyak dan kerutan.

Minggu, 29 Januari 2017

Cara Membuat Masker Tomat Untuk Merawat Kulit Wajah

Manfaat dan cara membuat masker tomat
Cara menggunakan masker tomat


Cara Membuat Masker Tomat Untuk Merawat Kulit Wajah – Tomat merupakan salah satu jenis buah yang bisa kita gunakan untuk membuat masker wajah alami. Meskipun masker tomat kurang populer dari pada masker alpukat dan masker bengkoang, namun kandungan nutrisi dalam tomat sangatlah baik untuk merawat kulit, khusunya merawat kulit berminyak yang banyak terdapat jerawatnya.

Memiliki nama latin Lycopersicum esculentum, buah tomat banyak dimanfaat sebagai bahan pembuat ju, sup, dan bahkan penyedap masakan. Dengan rasanya yang sangat menyegarkan buah tomat banyak dicintai oleh masyarakat Indonesia.

Studi penelitian belakang ini telah membuktikan manfaat tomat untuk kecantikan yang cukup besar. Menurut para ahli, buah tomat mengandung vitamin C dan lycopen yang bertindak sebagai antioksidan. Dimana sifat antioksidannya inilah yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kerusakan pada bagian sel-sel kulit wajah.

Oleh sebab itu mulai sekarang kamu jangan ragu lagi merawat wajah secara alami dengan masker tomat. Namun agar khasiatnya lebih lengkap dan maksimal, kamu harus mengombinasikan masker tomat dengan berbagai bahan alami berkhasiat lain. Berikut ada beberapa cara membuat masker tomat untuk merawat kulit wajah secara alami.

Cara Membuat Masker Wajah Alami Dari Tomat Untuk Kulit Wajah

1. Masker tomat, lemon, dan oatmeals

Masker wajah alami satu ini saya dapatkan dari ahli kecantikan bernama Dr. Rosalia di Solo Jawa Tengah. Buah lemon mengandung vitamin C dan mineral alami yang bersifat antibakterial, sehingga baik untuk mengatasi jerawat akibat kuman atau bakteri.

Sedangkan oatmeals bertindak sebagai scrub alami wajah yang mampu mempercepat proses pengelupasan sel-sel kulit mati penyebab kusam, flek hitam, dan bekas jerawat.

Cara mudah membuat masker tomat, lemon, dan oatmeals:

- Langkah pertama siapkan oatmeals sebanyak 3 sendok makan, perasan air lemon 1 sendok makan, dan 1 buah tomat segar.

- Haluskan buah tomat dan campurkan dengan perasan air lemon sekaligus oatmeals. Usahakan campuran yang kamu buat membentuk semacam pasta atau krim (agar mudah dioleskan).

- Sebelum mengaplikasikan masker wajah alami tersebut, bersihkan dulu area wajah kamu dengan menggunakan sabun khusus muka sesuai jenis kulit. ini bertujuan agar kotoran tidak menghambat proses penyerapan nutrisi dari masker alami tersebut.

- Sekarang mulailah mengoleskan masker satu ini secara merata keseluruh bagian wajah. pastikan bagian kening, cuping hidung, dan bawah bibir juga terkena. Sebab disitulah biasanya kuman dan kotoran bersarang.

- Diamkan masker tomat menempel di wajah kamu selama kurang lebih 30 menit. Apabila sudah mengencang dan kaku, bilaslah dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

2. Masker tomat, gula merah, dan jeruk nipis

Perpaduan antara gula merah dan jeruk nipis sangatlah mujarab untuk membantu membersihkan kotoran seperti komedo dari pori-pori wajah kamu. Bahkan jika digunakan secara rutin, pori-pori wajahmu akan lebih ringkas dan kecil.

Cara membuat masker tomat, gula merah, dan jeruk nipis:

- Pertama kalinya siapkan terlebih dahulu 1 buah tomat segar, 2 sendok makan gula merah, dan 2 sendok teh perasan jeruk nipis.

- Haluskan tomat dengan blender, lalu campur haluskan tersebut dengan gula merah dan air jeruk nipis hingga terbentuk adonan mirip pasta.

- Gunakan masker wajah alami ini setelah kamu selesai mandi, baik ketika mandi sore hari ataupun pagi.

- Cara menggunakan masker tomat cukup mudah, ambil sedikit dengan ujung jari dan oleskan secara merata keseluruh bagian wajah. Lebih baik lagi beri pijatan lembut agar masker meresap secara optimal.

- Jangan langsung membilas masker tersebut, tetapi diamkan 30 menit terlebih dahulu agar nutrisi terserap sampai kedalam lapisan kulit. Barulah selanjutnya kamu bilas dengan air hangat sampai bersih.

3. Masker tomat dan susu cair

Susu juga merupakan bahan bisa kita gunakan untuk membuat masker wajah alami. Ada banyak sekali manfaat susu untuk kecantikan, mulai dari mengencangkan kulit, menutrisi kulit dari dalam, mencerahkan kulit, sampai dengan memutihkan kulit wajah secara alami.

Namun susu yang saya maksud adalah susu cair tawar (belum ada tambahan pemanis). Jika kamu kesulitan mencari susu cair tawar, silahkan beli susu cap beruang di swayalan terdekat.

Cara membuat masker tomat dan susu cair dengan mudah:

- Terlebih dahulu siapkan susu cair tawar dan buah tomat secukupnya.

- Haluskan buah tomat dengan blender (bisa juga dengen ditumbuk), lalu campurkan haluskan tersebut denganb susu tawar. Namun usahakan jangan terlalu encer.

- Bersihkan wajah kamu dulu dengan facial foam sesuai jenis kulit. Hal ini bertujuan agar kotoran nantinya tidak menghambat penyerapan nutrisi dari masker wajah alami tersebut.

- Setelah bersih, oleskan masker tomat tadi secara merata keseluruh bagian wajah, kecuali pada bagian bibir dan mata. Jika sudah bersih, diamkan selama 30 menit agar meresap sempurna.

- Sekarang bilas masker tomat dengan air hangat sampai bersih, lanjutkan dengan membasuh air dingin untuk meringkas pori wajah.

4. Masker tomat dan maizena

Masker tomat dan maizena cukup bermanfaat untuk mengatasi sel-sel kulit mati dipermukaan kulit, dimana sel-sel kulit mati inilah yang menyebabkan wajah kamu nampak kusam, kering, dan bahkan terancam terkena keriput.

Cara sederhana membuat masker tomat dan maizena:

- Langkah pertama siapkan maizena sebanyak 1 sendok makan (sdm), serta jangan lupa 1 buah tomat.

- Haluskan tomat berserta biji-bijinya, lalu campur dengan maizena. Pastikan masker yang kamu buat seperti pasta, jika belum silahkan tambah maizena lagi.

- Selanjutnya oleskan masker wajah alami tersebut secara merata keseluruh muka. Pijit-pijit area wajah secara lembut selama 10 menit, lalu diamkan masker hingga meresap kira-kira 30 menitan.

- Setelah itu bilas masker tomat dengan menggunakan air hangat dan lanjutkan membasuh air dingin untuk meringkas pori wajah.

5. Masker tomat, kentang, dan yoghurt

Masker wajah alami yang terakhir ini hampir mirip dengan masker kentang yang sebelumnya telah saya sampaikan. Dengan penggunaan secara rutin, kulit kamu akan nampak lebih kencang, bersih, dan putih secara alami.

Cara mudah membuat masker tomat, kentang, dan yoghurt:

- Siapkan dahulu ½ cangkir halusan kentang, 3 sendok makan yoghurt, dan 1 cangkir halusan buah tomat.

- Untuk membuat masker campurkan ketiga bahan tersebut sampai terbentuk pasta. Usahakan jangan terlalu encer, sebab nanti akan sulit dioleskan ke bagian kulit wajah.

- Sebelum menggunakan bersihkan area wajah dari kotoran dan sisa keringat, ini bertujuan agar penyerapan tidak terhalang oleh kotoran. Setelah bersih, oleskan masker tomat tadi secara merata keseluruh bagian wajah.

- Agar meresap secara optimal, beri pijatan secara lembut 5 menit lalu diamkan selama 30 menit. Terakhir bilas wajah dengan air hangat sampai bersih dan keringkan dengan handuk lembut.

Itulah cara membuat masker tomat untuk merawat kulit wajah secara alami. Pilihlah salah satu masker wajah alami diatas yang menurut kamu paling mudah, lalu lakukan perawatan kecantikan kulit secara rutin minimal 1x sehari untuk hasil yang powerful, terutama setelah mandi.


Selamat mencoba dan semoga berhasil...!

Share:
sumber: http://www.cantikitu.com/2015/08/cara-membuat-masker-tomat-untuk-merawat.html

Tags :

Related Post : Cara Membuat Masker Tomat Untuk Merawat Kulit Wajah

0 komentar:

Posting Komentar