Blog ini berisi tentang tips mengenai perawatan wajah secara alami sehingga mendapatkan wajah yang cantik, cerah dan terhindar dari jerawat, wajah kusam, wajah berminyak dan kerutan.

Rabu, 15 Februari 2017

22 Cara Menghilangkan Bau Mulut dan Mencegahnya

Cara Menghilangkan Bau Mulut dan Mencegahnya – Pada dasarnya, mulut berfungsi untuk mengeluarkan suara-suara yang nantinya akan direspon oleh lawan bicara kita, baik itu secara langsung ataupun tak langsung (melalui media seperti handphone). Apabila kamu berbicara langsung dengan seseorang, semua itu akan terasa nyaman ketika tidak adanya bau mulut.


Cara menghilangkan bau napas
Bau mulut membuatmu merasa minder kan?


Bau mulut merupakan masalah kesehatan yang sulit sekali untuk diketahui diri sendiri. Kebanyakan orang mengecek bau mulut dengan cara meniupkan atau menghembuskan napas ke tangan, kemudian napas tersebut dicium bau atau tidak. Sebenarnya cara ini tidak cukup efektif untuk mengetahui bau mulut kamu, bahkan sama sekali tidak bekerja. Salah satu cara mengetahui bau mulut adalah dengan menjilat telapak tangan, diamkan sampai air liur kering dan cium apakah bau atau tidak. Apabila bau menyengat, itu berarti bermasalah.

Penyebab bau mulut pun sangat beragam sekali, sariawan adalah salah satunya. Munculnya sariawan dapat menyebabkan adanya nanah dan bakteri, dari sinilah bau mulut berasal. Merokok juga pantas dikatakan sebagai penyebab bau napas, mungkin kamu sudah tahu alasannya mengapa. Dan yang paling berpengaruh adalah gigi berlubang. Adanya gigi berlubang dapat memicu penumpukan sisa makanan, yang nantinya akan membusuk dan menyebabkan bau mulut kurang sedap.

Cara Mengatasi Bau Mulut dan Napas Tidak Sedap dengan Mudah 

Sebenarnya cara mengatasi bau mulut sangat mudah sekali, kamu hanya tinggal secara rutin menggosok gigi setiap kali mandi, ditambah dengan berkumur-kumur secara rutin sebelum dan sesudah bangun tidur. Untuk lebih jelasnya mengenai cara menghilangkan bau mulut dengan cepat, simak beberapa tips yang telah saya rangkum dari beberapa situs kesehatan terpercaya berikut ini.

Cara menghilangkan bau mulut
Sikat gigi rutin bisa bantu atasi bau mulut


1. Rutinlah menggosok gigi

Hal paling dasar yang harus segera kamu lakukan adalah menggosok gigi secara rutin, setidaknya sebanyak 2x sehari setiap kali mandi. Dengan keadaan gigi yang selalu bersih dan terbebas dari sisa makanan, maka bau mulut tidak akan menyerang kamu lagi. 

Akan tetapi usahakan jangan menggosok gigi terlalu agresif, karena bisa menyebabkan enamel hancur, sehingga gigi akan mudah berlubang dan mengalami kerusakan.

2. Jika perlu, gunakan benang gigi

Para ahli bilang “menggosok gigi saja tidak cukup”. Menggosok gigi memang sekilas dapat membuat gigi terlihat lebih bersih, namun sebenarnya masih ada beberapa sisa makanan yang menempel pada sela-sela gigi. Apabila makanan  tersebut tidak dibersihkan, maka akan menimbulkan munculnya plak dan karang gigi. Agar sisa makanan dapat hilang secara maksimal, gunakan pula benang gigi.

3. Gunakan obat kumur anti-bakteri

Obat kumur anti-bakteri sangatlah berguna untuk membunuh bakteri dan menghilangkan plak/karang gigi. Cara menghilangkan bau mulut dengan berkumur ini cukup efektif apabila kamu lakukan setiap bangun tidur. Mengingat saat tidur banyak sekali bakteri yang berkembangbiak dan menyebabkan munculnya bau tak sedap.

4. Mengangkat kotoran dan bakteri pada lidah

Bakteri penyebab bau mulut tidak hanya dapat bersarang di sela-sela gigi saja, mereka juga bisa bersarang di bagian lidah. Secara tidak langsung, bakteri-bakteri tadi akan membentuk lapisan yang mana menyebabkan bau mulut.

Untuk mengatasi masalah satu ini, kamu bisa menggosok permukaan lidah secara rutin dengan menggunakan sikat gigi. Bila perlu, belilah alat pembersih lidah khusus karena sudah dirancang untuk menerapkan tekanan yang sama pada permukaan lidah.

5. Berhenti merokok sekarang juga

Agar seseorang dapat berhenti merokok 100 % memang sulit, bahkan sangat-sangat sulit sekali. Akan tetapi jika kamu tak ingin dijauhi oleh orang disekitar karena bau napas, motivasilah diri sendiri untuk mulai mengurangi rokok sampai nantinya berhenti total.

Bila kamu butuh sedikit bantuan untuk bisa move on dari rokok, belilah nikotin tempel di apotik terdekat. Itu terbukti cukup efektif untuk membantu seseorang mengurangi kecanduan rokok.

6. Permen karet bebas gula

Setelah selesai makan malam, janganlah kamu makan permen yang manis-manis. Permen manis dapat memicu bakteri pada bagian mulut. Ada baiknya, kamu mengganti permen manis tersebut dengan permen karet bebas gula.

Menurut salah satu Dr. Kesehatan Gigi terkemuka “Permen karet dapat memberi pertahanan alami terdahap asam plak penyebab bau mulut dan kerusakan gigi dengan cara merangsang produksi air liur pada mulut”.

7. Perbanyak konsumsi air putih

Seperti kita ketahui sebelumnya, air putih sangatlah efektif untuk mencegah adanya dehidrasi dan panas dalam. Keadaan mulut yang kering (dehidrasi), dapat memicu munculnya bau mulut kurang sedap. Oleh sebab itu, ada baiknya kamu memperbanyak konsumsi air putih.

Sejatinya menurut para ahli konsumsi air putih sehari itu harus 8-10 gelas, lebih banyak akan lebih baik. Namun apabila kamu sudah memperbanyak konsumsi air putih bau mulut masih ada, maka lebih baik konsultasikan kepada dokter atau ahlinya.

8. Kawat gigi sebaiknya dibersihkan secara rutin

Ini khusus buat kamu yang menggunakan kawat gigi dengan alasan medis, bukannya mengikuti trend. Kawat gigi merupakan sebuah alat penahan yang berguna untuk meratakan gigi yang melenceng.

Adanya kawat gigi dapat memicu banyaknya sela pada area mulut, sehingga bakteri pun mudah berkembang. Maka dari itu, usahakan setiap gosok gigi bersihkan pula sela-sela kawat secara menyeluruh.

9. Waspadalah terhadap penyakit gusi!

Penyakit gusi atau yang disebut dengan periodontal, dapat menjadi salah satu penyebab bau mulut kurang sedap. Hal ini dapat muncul disebabkan karena dasar gigi (gusi) terdapat banyak sekali bakteri yang tidak dibersihkan secara menyeluruh. 

Apabila kondisi sakit gusi sudah cukup parah, sangat saya sarankan kamu kunjungi periodontist atau dokter ahli penyakit gusi, agar mendapatkan penanganan yang lebih baik.

10. Bertatap muka dengan dokter

Apabila kamu benar-benar ingin terbebas dari berbagai macam masalah mulut dan gigi, lebih baik luangkanlah waktu setidaknya 6 bulan sekali untuk bertatap muka dengan dokter spesialis gigi. Selanjutnya mintalah kepada dokter ybs untuk melakukan spa pada gigi kamu setidaknya setiap dua kali sebulan secara rutin.

11. Sediakan buah-buahan segar di lemari es

Buah-buahan sangatlah efektif untuk menghilangkan bau mulut tidak sedap. Kandungan nutrisi di dalam buah dipercaya mampu membunuh kuman dan bakteri pada bagian mulut, dengan konsumsi secara rutin maka mulut pun akan harum dan sehat. Salah satu buah yang cukup efektif untuk menghilangkan bau mulut adalah buah alpukat.

Adapun contoh buah-buahan penghilang bau mulut lainnya antara lain:

- Stroberi: buah satu ini memiliki rasa masam – manis. Dipercaya kandungan vitamin C-nya yang tinggi dapat membantu mengatasi bau mulut kamu.

- Lemon: lebih masam lagi adalah buah lemon. Selain mengandung senyawa vitamin 
C tinggi, lemon juga mengandung zat anti-bakterial.

- Buah pir: buah ini memiliki tekstur yang kasar agak renyah, sehingga cukup efektif untuk menghilangkan bau mulut akibat karang gigi. Agar maksimal, kunyah-kunyah buah pir secara merata.

- Jambu biji: entah ini pendapat atau bukan, yang jelas jambu biji sangat efektif untuk mengatasi bau mulut membandel. Cobalah untuk mengonsumsinya sebanyak minimal 2x sehari.

12. Minum green tea

Nama teh hijau dari hari ke hari semakin populer saja. Teh satu ini mulai terkenal setelah diketahui memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Selain bermanfaat untuk kesehatan, teh hijau juga baik untuk mengatasi bau mulut tak sedap. 

Hal ini dapat terjadi karena kandungan senyawa aktif catechin mampu membunuh kuman dan bakteri. Ketika bau mulut menerpa, minumlah setidaknya 2-3 gelas teh hijau dalam sehari.

13. Konsumsi lebih banyak vitamin C

Cara menghilangkan bau mulut selanjutnya adalah dengan konsumsi makanan bervitamin C. Mungkin banyak yang mengenal buah jeruk mengandung vitamin C paling tinggi, akan tetapi menurut penelitian sebenarnya buah jambu-lah yang berada di peringkat pertama. Oleh sebab itu, usahakan konsumsi makanan bervitamin C tinggi secara rutin agar bau mulut hilang.

14. Menghilangkan bau mulut secara alami

Siapa sih yang tidak ingin memiliki bau mulut segar dan harum? Semua orang tentunya menginginkan hal tersebut. Nah, agar lebih cepat hilangnya terapkan beberapa cara mengatasi bau mulut secara alami berikut ini.

- Ketumbar: rempah satu ini diperkaya dengan antibakterial yang bisa menghilangkan bau napas tak sedap. Caranya rebus ketumbar, kemudian konsumsi air rebusannya secara rutin setiap harinya.

- Jeruk nipis dan madu: selain bisa membantu menghilangkan bau mulut, ramuan ini juga bisa bantu sembuhkan batuk. Caranya campurkan kedua bahan tadi secukupnya, kemudian minum secara rutin.

- Daun sirih dan lengkuas: kedua bahan ini sering digunakan untuk merawat daerah kewanitaan, tetapi sebenarnya juga cukup efektif untuk mengatasi bau napas kurang sedap. Caranya rebus daun sirih dan geprekan lengkuas, lalu gunakan sebagai obat kumur setiap bangun tidur.

- Kayu manis: selain bermanfaat untuk mengatasi penyakit, kayu manis juga terbukti untuk mengatasi bau napas. Caranya seduh kayu manis dengan air panas seperti membuat teh hangat, kemudian minum sehari sebanyak 2x.

- Kencur: cara menghilangkan bau mulut – pertama rebus 10 gram kencur, pinang, tanaman adas, 15 daun sirih, temu ros, dan air setengah liter sampai mendidih. Setelah itu saring dan konsumsi minimal 2x dalam seminggu.

Cara Mencegah Bau Mulut Tak Sedap dengan Mudah

Dari beberapa cara menghilangkan bau mulut diatas, mungkin ada beberapa yang berguna sebagai tindakan pencegahan. Tindakan pencegahan bau mulut juga sangat efektif diterapkan setelah bau mulut hilang. Adapun cara mencegah bau mulut antara lain:

1. Usahakan selalu menyediakan permen mint di tas atau celana kamu. Alasanya jelas, permen mint bisa membantu mencegah bau napas meskipun dalam waktu singkat.

2. Makan yoghurt setiap pagi hari. Yogurt tawar tanpa gula terbukti cukup efektif untuk membunuh bakteri pada mulut. Jika ingin terbebas dari bau napas, lebih baik konsumsi setiap sebelum melakukan aktivitas rutin.

3. Konsumsilah keju rendah karbohidrat tapi tinggi kalsium. Keju jenis ini bisa membantu meningkatkan produksi air liur yang mengandung tinggi akan anti-bakterial.

Itulah beberapa upaya yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau mulut busuk dengan cepat. Sebagai tambahan, ketika menerapkan cara mengatasi bau mulut secara alami, lebih baik lakukan 1 cara saja secara konsisten. Jangan berganti-ganti bahan alami lain sebelum ada reaksi. Selamat mencoba dan semoga hasilnya memuaskan, salam.


Baca juga: Cara menghilangkan bau badan hanya 30 menit
Share:
sumber: http://www.cantikitu.com/2015/11/cara-menghilangkan-bau-mulut.html

Tags :

Related Post : 22 Cara Menghilangkan Bau Mulut dan Mencegahnya

0 komentar:

Posting Komentar