Blog ini berisi tentang tips mengenai perawatan wajah secara alami sehingga mendapatkan wajah yang cantik, cerah dan terhindar dari jerawat, wajah kusam, wajah berminyak dan kerutan.

Rabu, 08 Februari 2017

9 Cara Menghilangkan Ketombe Cepat Secara Alami

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami – Rambut merupakan sebuah mahkota yang manusia miliki. Apalagi untuk wanita, menjaga kesehatan dan kecantikan rambut tentunya menjadi prioritas utama. Namun sayangnya, di era modern seperti sekarang ini banyak sekali para wanita yang mengalami masalah ketombe. Tak jarang pria pun juga sering terserang masalah ini.


cara menghilangkan ketombe secara alami
Ketombe 

Ketombe merupakan masalah kesehatan rambut yang muncul disebabkan karena ada pengelupasan sel-sel kulit mati di kepala. Pengelupasan ini sebenarnya wajar-wajar saja terjadi, tetapi pada penderita ketombe pengelupasan tersebut terjadi secara berlebihan. Sehingga menyebabkan munculnya sel-sel kulit mati berwarna putih pada bagian kulit kepala.

Penyebab Ketombe Rambut

Munculnya ketombe dapat disebabkan karena faktor-faktor tertentu. Paling banyak ketombe muncul disebabkan karena pengaruh fungi atau jamur. Biasanya jamur akan banyak bermunculan pada mereka yang jarang membersihkan rambutnya. Selain jamur, penggunaan produk perawatan rambut yang tidak cocok juga bisa menyebabkan munculnya masalah ini.

Memiliki ketombe di kulit kepala tentunya merupakan masalah yang cukup serius, apalagi jika ketombe tersebut membandel atau sulit hilang. Namun tak perlu khawatir pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cara menghilangkan ketombe secara alami yang sangat ampuh. Penasaran kan? Langsung saja simak beberapa tips menghilangkan ketombe alami berikut ini.

Cara Mengatasi Ketombe Membandel Secara Alami dan Cepat


Hilangkan dengan lidah buaya


1. Cuka

Cuka biasanya banyak digunakan untuk membuat masakan menjadi lebih sedap. Meskipun bau dari cuka cukup menyengat, tetapi sebenarnya bahan ini cukup mujarab untuk menghilangkan ketombe di kulit kepala.

Cuka memiliki kandungan zat asam yang bersifat abrasif. Kandungan asam inilah yang mampu mengelupaskan sel-sel kulit mati di kulit kepala. Bahkan dengan penggunaan pertama kali, sel-sel kulit kepala akan hilang dengan mudah.

Cara alami menghilangkan ketombe dengan cuka:

- Siapkan cuka putih secukupnya saja
- Bersihkan rambut terlebih dahulu dengan keramas, lalu oleskan cuka merata
- Agar bekerja optimal pijatlah rambut yang sudah diolesi cuka tadi selama 5 menit, lalu diamkan kurang lebih 30 menitan
- Setelah semua selesai, bilas dengan keramas lagi hingga semua ketombe rontok.

2. Baking soda

Baking soda merupakan salah satu bahan masakan yang sering dipakai untuk membuat roti. Ternyata baking soda juga mengandung senyawa abrasif yang mampu mengatasi ketombe di kulit kepala.

Namun usahakan jangan menggunakan baking soda berlebihan, karena bisa mengakibatkan kulit kamu mengalami masalah iritasi. Hentikan penggunaan apabila ketombe sudah hilang.

Cara mengatasi ketombe dengan baking soda:

- Siapkan baking soda dan air hangat secukupnya
- Campur kedua bahan tersebut dengan takaran menyesuaikan. Usahakan adonan yang diibuat agak sedikit encer
- Oleskan adonan baking soda secara merata keseluruh bagian kulit kepala. Diamkan sejenak selama 30 menitan, lalu bilas dengan air hangat sampai bersih.

3. Lidah buaya

Lidah buaya sudah sejak jaman dahulu dipercaya cukup efektif untuk merawat rambut secara alami. Dalam lidah buaya ini terkandung beragam mineral alami yang cukup efektif untuk memberi nutrisi rambut kamu. Mulai dari mineral kalium, kalsium, magnesium, fosfor, dan masih banyak lagi.

Selain bermanfaat untuk menghilangkan ketombe, ternyata lidah buaya juga cukup efektif untuk melembabkan rambut secara alami. Oleh sebab itu, jangan ragu lagi menggunakan bahan alami satu ini.

Cara alami menghilangkan ketombe dengan lidah buaya:

- Ambilah lidah buaya yang masih segar, kemudian patahkan
- Kupas kulit lidah buaya tadi hingga ada gelnya saja
- Oleskan gel lidah buaya tersebut secara merata keseluruh kulit kepala
- Jangan lupa beri pijatan-pijatan lembut supaya meresap, lalu diamkan selama 30 menit agar bekerja lebih maksimal
- Bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih.

Catatan: gunakan lidah buaya secara rutin agar rambut kamu lebih hitam, lembab, berkilau, dan sehat secara alami.

4. Lemon

Lemon merupakan buah yang memiliki tingkat keasaman cukup tinggi. Zat asam tinggi tersebut bisa kita manfaatkan untuk mengatasi ketombe di kulit kepala. Bahkan lemon cukup efektif untuk membantu menghilangkan kutu rambut. (baca juga: cara menghilangkan kutu rambut alami)

Cara menghilangkan ketombe dengan lemon:

- Siapkan 1 buah lemon yang masih cukup segar
- Belah lemon tadi menjadi 2 bagian, kemudian peras dalam sebuah wadah
- Oleskan perasan lemon secara merata keseluruh bagian kulit kepala
- Pijat lembut selama 5 menitan, lalu diamkan selama 30 menit
- Bilas air lemon tadi dengan menggunakan air dingin sampai bersih. Agar lebih bersih kamu dapat keramas.

5. Minyak zaitun

Dataran Mediterania adalah salah satu bukti betapa besarnya khasiat minyak zaitun. 
Minyak ini dipercaya mampu menurunkan resiko jantung, diabetes, stroke, dan berbagai penyakit berbahaya lainnya. Selain bermanfaat dalam kesehatan, minyak ini juga bermanfaat bagi kecantikan yang salah satunya mampu menghilangkan ketombe secara alami.

Cara menghilangkan ketombe dengan minyak zaitun:

- Siapkan minyak zaitun secukupnya saja, kamu bisa beli minyak botolan
- Sebelum menggunakan pastikan rambut dalam keadaan bersih (bisa keramas dulu)
- Setelah selesai keramas, oleskan minyak zaitun keseluruh area kulit kepala
- Pijat lembut selama kurang lebih 5 menit dan diamkan selama 30 menit
- Bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih.

6. Daun pandan

Daun pandan biasanya dipakai untuk membuat aroma masakan menjadi sedap. Namun ternyata setelah diteliti lebih dalam, daun ini cukup efektif untuk menghilangkan rambut ketombe. Daun pandan memiliki kandungan mineral alami yang berkhasiat untuk menutrisi rambut hingga ke akar-akarnya.

Cara menghilangkan ketombe dengan daun pandan:

- Pertama siapkan 5-8 lembar daun pandan segar, cuci bersih semuanya
- Remas-remas semua daun pandan tersebut hingga hancur, kemudian seduh dengan menggunakan air hangat
- Setelah itu, oleskan air seduhan tadi keseluruh area kulit kepala
- Pijat seperti biasa kemudian bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih.

7. Kangkung

Kangkung memang sangat sedap apabila dimasak menjadi tumis. Namun siapa sangka ternyata kangkung cukup efektif untuk menghilangkan ketombe. Sayuran satu ini memiliki senyawa mineral essens yang dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati di area kulit kepala. Bahkan dengan penggunaan rutin, masalah rambut rontok yang kamu alami bisa hilang.

Cara alami menghilangkan ketombe dengan kangkung:

- Siapkan satu ikat kangkung segar, kamu bisa beli di pasar atau swalayan terdekat
- Rebus satu ikat kangkung tadi dengan menggunakan 2 gelas air
- Tunggu hingga mendidih secara sempurna, kemudian saring
- Bilaskan air rebusan daun kangkung tadi secara merata keseluruh area kulit kepala
- Diamkan selama 30 menit supaya meresap, lalu bilas kembali dengan keramas.

8. Penuhi asupan nutrisi

Salah satu penyebab ketombe yang jarang diketahui adalah asupan nutrisi. Seseorang yang mengalami kekurangan nutrisi, mereka akan sangat mudah sekali terserang yang namanya masalah ketombe. Kandungan nutrisi yang cukup baik untuk mengatasi ketombe adalah vitamin C, B1, kalsium, asam folat, dan zat besi.

Untuk mendapatkan semua asupan nutrisi tersebut, kamu bisa mengonsumsi makanan bergizi yang berasal dari sayur, buah, daging, susu, dan kacang-kacangan. Usahakan minimal mengonsumsi satu porsi setiap makanan 4 sehat 5 sempurna tersebut, sehingga hasilnya nanti akan lebih maksimal.

9. Gunakan pelembab rambut

Setelah semua ketombe hilang di kulit kepala kamu, saya sarankan untuk rutin menggunakan pelembab rambut. Adanya pelembab rambut dapat mencegah ketombe datang kembali. Namun sebelum menggunakan pastikan pelembab rambut tersebut aman dan sudah memiliki nama baik. Karena apabila kamu memakai pelembab asal-asalan, bisa jadi rambut akan rusak dan rontok.

Bagaimana, mudah bukan? terapkan salah satu cara menghilangkan ketombe alami yang menurut kamu paling mudah. Minimal lakukan perawatan diatas sebanyak 1x dalam sehari agar hasilnya lebih maksimal. Selamat mencoba!

Baca juga: Cara meluruskan rambut dalam 10 menit
Share:
sumber: http://www.cantikitu.com/2015/11/cara-menghilangkan-ketombe-secara-alami.html

Tags :

Related Post : 9 Cara Menghilangkan Ketombe Cepat Secara Alami

0 komentar:

Posting Komentar