Blog ini berisi tentang tips mengenai perawatan wajah secara alami sehingga mendapatkan wajah yang cantik, cerah dan terhindar dari jerawat, wajah kusam, wajah berminyak dan kerutan.

Senin, 31 Juli 2017

Benjolan di Payudara Belum Tentu Kanker




Perempuan paling percaya diri pun pasti akan panik dan gelisah jikalau menemukan benjolan di payudara. Pikiran pertama yang muncul ialah banyak sekali hal mengerikan perihal kanker. Reaksi panik tersebut wajar dialami , meski tidak seharusnya demikian. Pasalnya , benjolan pada payudara belum tentu kanker dan kalau pun ternyata benar kanker , dunia kedokteran sudah bisa mengatasinya.

Menurut dr Melissa S Luwia , MHA , dari Yayasan Kanker Indonesia , sekitar 80 persen benjolan yang ditemukan di payudara justru bukan kanker ganas. "Benjolan itu bisa merupakan kumpulan lemak , bisa kista atau kumpulan cairan , dan tumor jinak ," katanya. Yang paling penting jangan menunda untuk segera pergi ke dokter mahir kanker.

Hanya lewat perabaan saja sulit mengetahui jenis benjolan tersebut. Bahkan seorang dokter mahir kanker sekali pun perlu melaksanakan pemeriksaan , antara alin dengan biopsi , untuk memastikan apakah sel-sel itu ganas atau tidak. Kendati demikian , pemeriksaan secara dini sangat berarti alasannya ialah jikalau terbukti kanker dan benjolannya masih kecil , ada kemungkinan untuk mengambil sebagian saja dari payudara. "Makin kecil bab yang diambil , rekonstruksinya lebih mudah ," ujar Melissa.

Cara paling mudah dan murah untuk mendeteksi dini kanker payudara ialah dengan memeriksa payudara sendiri (Sadari). Pemeriksaan dilakukan pada hari ke-3 hingga ke-5 seusai haid. Pemeriksaan setelah haid alasannya ialah , sebelum haid , kelenjar-kelenjar membengkak sehingga kalau diraba sering terasa menyerupai ada benjolan.

Dalam posisi bangkit atau berbaring , kita bisa meraba dengan tiga jari (telunjuk , tengah , dan jari manis) secara lembut ke payudara. Jika menemukan benjolan atau kerutan , bentuk payudara tidak simetris , puting tertarik ke dalam , kulit berubah menyerupai kulit jeruk , pembesaran kelenjar getah bening di ketiak , peradangan atau keluar cairan dari puting , perlu diwaspadai dan segera periksakan ke dokter.

Di atas usia 35 tahun , perempuan dianjurkan menjalani mamografi atau pemeriksaan payudara dengan sinar X. Mamografi diulang tiap tahun setelah usia 40 tahun hingga menopause.

Sumber: kompas.com

Tags :

Related Post : Benjolan di Payudara Belum Tentu Kanker

0 komentar:

Posting Komentar