Blog ini berisi tentang tips mengenai perawatan wajah secara alami sehingga mendapatkan wajah yang cantik, cerah dan terhindar dari jerawat, wajah kusam, wajah berminyak dan kerutan.

Sabtu, 05 Agustus 2017

12 Tips Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi

Cara menurunkan kolesterol. Kolestrol merupakan suatu penyakit yang disebabkan karena banyaknya kandungan minyak yang di makan dan banyaknya lemak yang terkandung di dalam darah. Kebanyakan orang pada dikala terkena kolestrol mereka merasa tidak nyaman dan sering mengalami tegang karena disebabkan adanya kandungan minyak dan lemak dalam makanan tersebut.

Sebenarnya kolesterol sangat berperan bagi kesehatan terutama untuk membantu proses pembentukan dinding sel dan bermanfaat sebagai salah satu materi baku pembentukan hormon pada tubuh. Namun ,  apabila kadar kolesterol dalam darah sudah melebihi kebutuhan , dapat menjadikan timbulnya aneka macam penyakit menyerupai : stroke dan jantung koroner.

Kolesterol dapat dikategorikan normal apabila yaitu kadar kolesterol kurang dari 200 mg/dl. Sedangkan jumlah kolesterol sudah di atas 240 mg/dl , maka kemungkinan dapat berisiko terserang penyakit yang disebabkan karena kolesterol. Berikut ini cara menurunkan kolesterol.







Cara Menurunkan Kolesterol

Cara menurunkan kolesterol
  1. Olahraga rutin
  2. Olahraga merupakan cara menurunkan kolesterol yang baik dan serta dapat menjaga kesehatan jantung. Kolesterol dapat mengurangi kadar kolesterol jahat , trigliserida. Berolahraga rutin minimal 30 menit setiap hari dan dapat membantu aben lemak dan kalori dalam tubuh.

  3. Berjalan-jalan
  4. Apabila tidak terbiasa dengan berolahraga secara rutin , Anda dapat menggantinya dengan berjalan-jalan. Berjalan-jalan merupakan cara yang sangat mudah , menyehatkan , dan hemat karena hanya membutuhkan sepasang sepatu. Latihan aerobik setiap pagi dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol yang pada hasilnya dapat tercegah dari aneka macam penyakit berbahaya dan dapat menyehatkan tubuh , misalnya menyerupai : stroke , penyakit jantung , menurunkan berat badan , menjaga tulang tetap kuat.

  5. Kurangi asupan karbohidrat
  6. Mengurangi asupan karbohidrat dan serta mengkonsumsi makanan yang tidak memiliki banyak kandungan lemaknya merupakan salah satu cara menurunkan kolesterol.

  7. Mengkonsumsi lemak tak jenuh
  8. Tubuh hanya membutuhkan sedikit lemak dalam teladan makan sehari-hari , sekitar 25% hingga dengan 35% dari asupan kalori setiap harinya. Jenis lemak yang diharapkan oleh tubuh yaitu lemak tak jenuh , yang dapat ditemukan di kanola , zaitun , dan minyak safflower , dan sebagainya. Lemak tak jenuh ini bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dan meningkatkan kolesterol kolesterol baik atau HDL. Sedangkan pula lemak jenuh dapat ditemukan dalam mentega dan minyak kelapa sawit. Lemak jenuh ini dapat meningkatkan kolesterol jahat atau LDL. Walaupun begitu , lemak mengandung kalori dan lebih baik makan secukupnya saja.

  9. Berhenti merokok
  10. Apabila Anda menderita tekanan darah atau memiliki trigliserida yang tinggi , menghentikan kebiasaan buruk menyerupai merokok dapat menjadi cara yang terbaik untuk Anda lakukan dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Tembakau berdampak buruk untuk kesehatan , karena tembakau dapat meningkatkan tekanan darah serta detak jantung.

  11. Teh hijau
  12. Kandungan Theanine yang terdapat dalam teh hijau dapat meningkatkan kolesterol baik. Mengkonsumsi 4 cangkir teh hijau setiap hari dapat menjaga kadar kolesterol dalam darah.

  13. Mengkonsumsi buah sitrus
  14. Buah sitrus , menyerupai lemon , jeruk manis , jeruk nipis , dan jenis buah-buahan lainnya yang banyak mengandung zat pectin. Zat pectin merupakan jenis serat yang rupawan untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Buah-buahan sitrus kaya akan kandungan anti-oksidan yang dapat memperkuat dinding arteri.

  15. Tomat
  16. Dengan cukup mengkonsumsi 2 gelas jus tomat setiap harinya , hal ini dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol.

  17. Hindari stres
  18. Stres dapat meningkatkan tekanan darah semakin tinggi sehingga menambah risiko aterosklerosis , yang terjadi ketika plak kolesterol menumpuk di dalam pembuluh arteri. Dalam suatu penelitian menawarkan bahwa beberapa orang , stres mungkin dapat pribadi meningkatkan kadar kolesterol dalam darah dan bahkan dapat meningkat secara drastis. Untuk mengurangi stres yang sedang di alami , Anda dapat membaca artikel sebelumnya mengenai cara menghilangkan stres.

  19. Alpukat
  20. Alpukat merupakan salah satu buah yang merupakan cara menurunkan kolesterol. Buah yang berbentuk lingkaran lonjong dan bewarna hijau tersebut merupakan salah satu buah yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Ini dikarenakan , ada 2 jenis kolesterol yaitu kolesterol jahat atau yang lebih dikenal LDL dan kolesterol baik dengan nama HDL.

  21. Kedelai
  22. Mengkonsumsi kedelai atau produk-produk yang berbahan dasar kedelai dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Mengkonsumsi kedelai setiap hari dikenal dapat mengurangi kolesterol serta dapat mengontrol tekanan darah tinggi.

  23. Kontrol gula darah
  24. Gula darah yang tidak terkontrol secara baik , dapat menyebabkan meningkatnya risiko terkena penyakit jantung.

Itulah 12 tips cara menurunkan kolesterol tinggi yang dapat Anda lakukan. Perbanyak melaksanakan olahraga , mengkonsumsi buah-buahan menyerupai jeruk , lemon , alpukat , dan lain sebagainya untuk dapat memaksimalkan menurunkan kolesterol.

Related Post : 12 Tips Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi

0 komentar:

Posting Komentar