Blog ini berisi tentang tips mengenai perawatan wajah secara alami sehingga mendapatkan wajah yang cantik, cerah dan terhindar dari jerawat, wajah kusam, wajah berminyak dan kerutan.

Kamis, 31 Agustus 2017

Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak


Memiliki kulit wajah yang berminyak cenderung akrab dengan komedo dan jerawat. Selain itu wajah berminyak cenderung membuat wajah kusam, dan itu sungguh sangat menggangu penampilan. Nah, bagi anda yang memiliki wajah berminyak dan ingin tahu cara mengatasinya, simak pemaparan berikut yang dilansir dari situs Best Natural Tips.

Sebelum membahas tips apa saja untuk mengatasi wajah berminyak, terlebih dahulu akan dipaparkan apa saja yang dapat menyebabkan kulit berminyak, bagaimana cara mengontrol kulit wajah yang berminyak, serta bagaimana cara merawat wajah berminyak secara alami yang melibatkan pengaturan contoh makan yang sehat.


cara mengatasi wajah berminyak


Apa itu Kulit Berminyak?


Kulit berminyak merupakan suatu kondisi di mana tampilan kulit mengkilap yang diakibatkan oleh kelebihan produksi sebum oleh kelenjar sebaceous. Pada kondisi normal, sebum bermanfaat bagi kulit sebagai pelembab alami, sedangkan sebum yang berlebih bercampur dengan sel kulit mati yang dapat menyumbat dan memperbesar pori-pori, penyebab komedo dan jerawat. Minyak berlebih dapat membuat kulit terlihat kasar, kusam, pucat, berkurang kekenyalan dan kelembutannya.

Apa Saja Penyebab Kulit Berminyak?


  • Faktor genetik
  • Pola makan yang buruk (daging, susu berlemak, minyak terhidrogenasi, gorengan dan makanan yang manis, soda, alkohol)
  • Disfungsi hormonal (gangguan endokrin atau ketidakseimbangan hormon alasannya ialah faktor pubertas, menopause, andropause)
  • faktor lingkungan (tanah, polusi)
  • berbagai penyakit menyerupai sembelit,
  • saat sedang stres badan memproduksi lebih banyak hormon androgen yang memicu produksi sebum yang berlebih
  • kelelahan
  • kurang tidur
  • penggunaan kosmetik yang tidak cocok untuk kulit yang berminyak
  • kontrasepsi oral
  • perubahan iklim (kelembaban dan cuaca panas)

Cara Mengontrol Kulit Berminyak dari Luar


cara mengatasi wajah berminyak dengan masker lumpur hijau

Kulit berminyak merupakan lingkungan yang baik bagi pertumbuhan kuman, sehingga kebersihan menjadi langkah pertama dalam merawat kulit berminyak. Penting bagi anda untuk tidak menyentuh wajah dengan tangan yang kotor.

Bersihkan wajah anda 2x sehari dengan air hangat (untuk membuka pori-pori) dan sabun pembersih yang ringan untuk kulit berminyak (untuk menghilangkan sebum tanpa iritasi kulit), lalu bilas dengan air cuek (untuk menutup pori-pori).

Bila perlu, anda dapat menghilangkan kelebihan minyak dengan menggunakan kertas minyak atau plester yang telah ditambahkan asam salisilat atau asam glikolat.

Pembersih Untuk Kulit Berminyak


Untuk mencuci muka, ambil air bersih atau air cuek yang telah dididihkan, lalu tambahkan 1/2 sendok sari perasan lemon atau natrium bikarbonat (baking soda).

Sebagai busa atau gel pembersih kosmetik alami ambil putih telur yang dicampur dengan sari perasan dari 1/2 buah lemon, dan 15 ml air kamper, yang dicampurkan setetes demi setetes. Lemon sangat sensitif terhadap sinar matahari, oleh alasannya ialah itu gunakan di malam hari saja, bilas keesokan harinya.

Usahakan mencuci wajah maksimal 2x sehari, alasannya ialah kalau terlalu sering akan meningkatkan sekresi sebum, sehingga kulit makin berminyak dan mengkilap.

Scrub Untuk Kulit Berminyak


Pengelupasan kulit (eksfoliasi) secara teratur dengan menggunakan scrub yang lembut sangat penting untuk membersihkan kulit dari sel-sel kulit mati dan minyak yang berlebihan. Anda dapat menggunakan scrub alami untuk wajah berminyak buatan sendiri, yang tentu saja terbuat dari bahan-bahan alami yang dicampurkan, yaitu: gandum, dedak, tepung jagung, madu, sari lemon, garam laut, dan natrium bikarbonat yang berfungsi sebagai antiseptik yang dapat membantu mencegah infeksi. Agar tidak terjadi iritasi, jangan menggosok terlalu lama dan keras, pelan-pelan saja. Jika memungkinkan, sebulan sekali lakukan eksfoliasi/ pengelupasan di klinik kecantikan.

Lotion Untuk Kulit Berminyak


  • Jika setelah wajah dibersihkan masih merasa wajah anda berminyak, oleskan astringent yang mengandung asam salisilat yang memiliki sifat antibiotik dan antimikroba.
  • Hindari lotion yang mengandung terlalu banyak alkohol, alasannya ialah dapat merangsang sebaceous memproduksi minyak berlebih.
  • Anda dapat membuat sendiri lotion alami khusus untuk kulit berminyak, dengan metode infus dari tanaman seperti: pisang, selada, teh hijau, teh hitam, papermint, ataupun lavender. Simpat botol infus tersebut dalam lemari es lalu oleskan pada wajah selama 5-10 menit, biarkan sampai kering dengan sendirinya.
  • Selain itu alternatif lain bisa menggunakan cuka apel yang dicampur dengan air. Oleskan pada kulit wajah, biarkan 10-15 menit lalu bilas dengan air dingin.

Masker Untuk Kulit Berminyak


Salah satu cara yang efektif untuk mengatasi kulit berminyak ialah dengan maskeran secara teratur. Menggunakan masker wajah 1-2 kali seminggu mempu membersihkan, memperbaiki pori-pori, serta mencegah timbulnya noda di kulit. Masker wajah alami yang dapat anda gunakan yaitu masker lumpur hijau, yang efektif menyerap minyak dan membersihkan pori-pori.

Pelembab Untuk Wajah Berminyak


Banyak orang beranggapan salah, yang mana kulit berminyak tidak memerlukan pelembab alasannya ialah minyak alami sudah berfungsi sebagai pelembab. Pernyataan tersebut ada benarnya sampai suatu kondisi tertentu. Faktanya, ketika membersihkan wajah, anda kehilangan sebagian besar minyak alami pada kulit anda. Sedangkan kulit bagaimanapun memerlukan pelembab biar tetap lentur/ kenyal. Di sinilah fungsi pelembab itu, yakni memulihkan dan menggantikan minyak alami kulit yang hilang ketika dibersihkan. Jika tidak diberi pelembab, justru kulit anda akan memproduksi lebih banyak minyak untuk mengimbanginya.

Make-Up Untuk Kulit Berminyak


Jangan gunakan banyak produk kosmetik pada ketika yang bersamaan, pilihlah formula yang ringan, yang tidak mengandung minyak serta tidak menimbulkan timbul komedo (bebas minyak dan non-comedogenic).


Mengatasi Wajah Berminyak


masker mentimun untuk mengatasi wajah berminyak

Untuk mengurangi produksi sebum, anda dapat menggunakan gel pengecap buaya yang dihaluskan. Setelah basuh muka pagi dan sore hari oleskan gel pengecap buaya tersebut menyerupai masker, dan biarkan mengering, lalu bilas sampai bersih dengan air hangat. Di dalam aloe vera terkandung: asam salisilat, senyawa aspirin dengan anti peradangan,  analgesik, dan antibakteri. Menggunakan gel aloe vera secara teratur akan memmbantu mengontrol kulit yang berminyak dan jerawat yang terjadi akhir penyumbatan pori dan membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati.

Bahan alami lain yang efektif untuk kulit berminyak ialah mentimun. Caranya cukup dengan menghaluskannya (bisa dengan menggunakan food processor), sampai berbentuk pasta, lalu dinginkan dalam lemari es. Oleskan pada wajah yang telah dibersihkan, diamkan selama kurang lebih 15 menit, bilas sampai bersih dengan air dingin. Untuk hasil terbaik, lakukan secara teratur dua kali seminggu.

Alternatif lain ialah tomat. Menurut para ahli, tomat bisa mengeringkan kelenjar penghasilsebum tanpa membuat kulit anda kering. Caranya dengan menghaluskan tomat, sampai berbentuk pasta, lalu oleskan pada wajah yang telah dibersihkan. Biarkan selama 5-7 menit, lalu bilas sampai bersih dengan air hangat.

Cara Mengontrol Kulit Berminyak dari Dalam


cara mengatasi wajah berminyak dengan diet

Perawatan eksklusif pada kulit saja tidak cukup untuk mengontrol kulit yang berminyak. Makan makanan sehat dan memastikan badan anda menyediakan semua vitamin dan mineral yang dibutuhkan, merupakan kunci dalam mengatasi kulit berminyak.

Vitamin yang Dibutuhkan Untuk Kulit Berminyak


  • Vitamin A
  • Vitamin B kompleks
  • Vitamin C
  • Vitamin D
  • Vitamin E

Sumplemen Untuk Kulit Berminyak


  • Rhodiola rosea
  • Agnus castus
  • Ginseng siberia
  •  Zinc
  • Jus Aloe Vera
  • Saw Palmeto (untuk androgen yang berlebih penyebab kulit berminyak)

Diet Untuk Kulit Berminyak


  • Konsumsi lebih banyak sayuran hijau seperti: bayam, kangkung, seledri, dan bawang daun
  • Jus buah yang mengandung welirang dapat membantu menjaga kulit biar bersih dan sehat. Biasakan meminum jus ketika perut kosong, baik di pagi hari ataupun diantara jam-jam makan.
  • Hindari teh, kopi, tembakau, alkohol, dan minuman fermentasi menyerupai anggur dan bir.
  • Makanlah makanan yang segar. Hindari sayuran yang dimasak, apabila dapat dimakan mentah.
  • Hindari roti dan pasta, kalau tidak bisa pilih yang berbahan gandum tapi jangan terlalu banyak.
  • Hindari acar, merica, cabai/ rawit, minyak-minyak, dan makanan yang berminyak.
  • Ganti gula dengan madu, dan usahakan kurangi konsumsi yang manis-manis.
  • Kurangi konsumsi garam.
  • Hilangkan kebiasaan mengkonsumsi makanan kaleng, keju, dan rokok.
  • Minum minimal 8 gelas per hari. Mulailah hari anda dengan meminum segelas air yang ditambahkan setengan butir perasan lemon. Cairan tersebut dapat membantu menghilangkan racun dari badan anda dan menyehatkan kulit.
  • Minum teh jelatang minimal 1 cangkir per hari.
  • Usahakan biar pencernaan selalu lancar, alasannya ialah sembelit merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat. Bahan alami yang telah terbukti khasiatnya ialah minyak jarak (castor oil), teh pencuci perut herbal, buah aprikot kering, dan juga plum.

Tidak perlu memulai semuanya sekaligus, lakukan bertahap saja satu demi satu lalu lihat hasilnya, biar anda tahu mana treatment yang lebih baik dan tidak untuk kulit anda. Selamat mencoba :)

Related Post : Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

0 komentar:

Posting Komentar