Blog ini berisi tentang tips mengenai perawatan wajah secara alami sehingga mendapatkan wajah yang cantik, cerah dan terhindar dari jerawat, wajah kusam, wajah berminyak dan kerutan.

Kamis, 24 Agustus 2017

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Mengubah Gaya Hidup


Mengobati jerawat bukan hanya sekedar membersihkan wajah dan pemakaian obat jerawat saja, tetapi juga bergantung pada pola/ gaya hidup yang anda jalani. Berikut 10 gaya hidup yang dapat membantu mengobati jerawat di wajah anda.

tips dan cara menghilangkan dan mencegah bisul dengan mengubah pola/ gaya hidup



1 - Tidur Cukup 


Menurut sebuah studi yang mempelajari ihwal tidur, resiko seseorang mengalami stress secara psikologi meningkat 14% untuk setiap jam tidur yang hilang setiap malam. Lalu apa kaitannya dengan jerawat?

"Stress dapat meningkatkan produksi glukokortikoid, yang dapat mengakibatkan kelainan pada struktur dan fungsi kulit, dan dapat membuat kondisi bisul menjadi lebih parah." Menurut Sonia Badreshia Bansal, seorang dokter kulit di Danvile, CA.

2 - Mengatur Asupan Makanan


Beberapa jenis makanan dapat membuat gula darah meningkat dengan cepat, sehingga memicu peningkatan kadar insulin. Terlalu banyak inulin dalam darah dapat memicu perubahan dalam badan yang dapat mengakibatkan penyumbatan pori-pori, sebagai akhir dari peningkatan produksi pada kelenjar minyak.

Makara mulailah mengatur makanan apa saja yang boleh anda makan dan tidak. Dalam studi American Journal of Nutrition menyarankan anda yang berjerawat biar menambahkan gandum utuh, kacang-kacangan, dan sayuran ke dalam daftar makanan yang harus anda makan, sementara konsumsi pasta, nasi putih, roti, dan gula dikurangi.

3 -  Berolahraga


Dengan berolahraga dapat membantu mengurangi stress. Selain itu, kegiatan ini juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, sehingga dapat mengantarkan oksigen pada sel-sel kulit anda serta membuang zat-zat yang tidak terpakai.

Perlu diingat juga, keringat yang keluar setelah berolahraga dapat menyebabkan bisul akhir iritasi. Makara sangat penting untuk mandi ketika anda final berolahraga.

4 - Banyak Mengkonsumsi Air Putih


Menambah jumlah air putih yang anda minum merupakan cara yang sempurna untuk membuang racun di dalam tubuh dan melembabkan kulit anda dari dalam. Meskipun tidak ada penelitian yang mengambarkan keterkaitan antara racun dengan jerawat, namun para peneliti di University of Missouri, Columbia menemukan bahwa dengan meminum sekitar 2 cangkir air putih dapat memperlancar peredaran darah ke seluruh badan dan kulit anda.

5. Biasakan Menggunakan Tabir Surya


Sengatan sinar matahari dapat mengakibatkan bisul anda semakin meradang sehingga bisul anda semakin parah dan mengakibatkan timbul bintik-bintik hitam pada wajah. Selain itu beraktivitas di bawah sinar matahari tanpa dilindungi tabir surya dapat meningkatkan resiko kanker kulit.

Makara gunakanlah tabir surya setiap anda keluar rumah. Untuk kulit yang berjerawat anda dapat memilih tabir surya dengan kandungan materi kimia yang ringan ibarat avobenzone, oxybenzone, metoksisnamat, octocylene, dan zinc oxide (dapat dilihat pada label produk). Gunakan juga yang "noncomedogenic" biar tidak menyumbat pori-pori.

6 - Konsumsi Asam Lemak Omega-3


Omega-3 terbukti dapat mengontrol produksi leukotrien B4, yaitu sebuah molekul yang dapat meningkatkan produksi sebum yang mengakibatkan peradangan. Omega-3 dapat diperoleh dari suplemen atau makanan ibarat kenari, alpukat, minyak biji rami (flaxeed oil), dan salmon.

7 - Bersihkan Wajah 2x Sehari


Wajah memiliki kelenjar penghasil minyak lebih banyak dibandingkan dengan kulit badan lainnya. Bila anda tidak teratur membersihkan wajah anda, make up, keringat, asap, debu, dan kotoran, serta kosmetik yang mengenai kulit anda dapat menyumbat pori-pori, sehingga mengakibatkan timbulnya komedo dan jerawat.

Sekalipun anda tidak mandi, usahakan mencuci muka 2x sehari di pagi dan malam hari dengan menggunakan cairan pembersih yang noncomedogenic.

8 - Eksfoliasi (Pengelupasan)


Tak hanya kelenjar minyak berlebih yang dapat mengakibatkan timbulnya jerawat, tetapi juga kelenjar minyak yang sedikit pun dapat mengakibatkan timbulnya jerawat. Kulit kering memiliki celah-celah kecil yang dapat menjadi daerah basil berkembang biak, lalu bercampur dengan sel kulit mati, sehingga mengakibatkan pori-pori tersumbat.

Cara Mengatasinya ialah dengan pengelupasan kulit secara teratur 2x dalam seminggu, dengan scrub khusus untuk kulit wajah, dilanjutkan dengan mengoleskan pelembab noncomedogenic.

9 - Bersihkan Ponsel Setiap Hari


Beberapa studi mengambarkan bahwa ponsel (telepon genggam) merupakan sarang kuman. Dalam sehari saja ribuan basil yang ada di ponsel anda dapat menyebar ke tangan atau wajah anda. Selain itu panas yang keluar dari gadget ini dapat membantu basil berkembang biak. Untuk meminimalisasi kuman berpindah ke badan anda, bersihkan permukaan ponsel anda dengan sedikit hand sanitizer (atau tisu berair penghilang bakteri) setiap hari.

10 - Perhatikan Penggunan Produk Perawatan Rambut


Jerawat akhir rambut berminyak biasanya disebabkan oleh produk perawatan rambut ibarat conditioner, shampo, gel atau minyak rambut, dan juga hair spray. Jerawat ini muncul diawali dengan produk perawatan rambut yang terkena kulit wajah lalu meresap ke dalam kulit wajah di sekitar tepian kulit yang berambut, lalu bercampur dengan basil yang terjebak dalam pori-pori, sehingga munculah bisul di wajah anda.

Untuk mencegahnya, gunakanlah produk perawatan rambut sebelum anda membersihkan wajah sehingga produk perawatan rambut yang terkena kulit wajah dapat dibersihkan. Atau anda dapat memilih produk perawatan rambut yang bebas minyak.

Sumber: WebMD

Related Post : Cara Menghilangkan Jerawat dengan Mengubah Gaya Hidup

0 komentar:

Posting Komentar