Blog ini berisi tentang tips mengenai perawatan wajah secara alami sehingga mendapatkan wajah yang cantik, cerah dan terhindar dari jerawat, wajah kusam, wajah berminyak dan kerutan.

Selasa, 29 Agustus 2017

Cara Menghilangkan Jerawat yang Parah


Anda tidak boleh membiarkan jerawat parah dan membiarkan terjadinya resiko timbul bekas luka di wajah anda. Ada banyak pengobatan yang dapat mengontrol perkembangan jerawat anda. Kuncinya, selalu konsultasikan dengan dokter kulit agar pengobatan terpola dan sesuai dengan kebutuhan penanganan abses anda.


cara terbaik mengatasi abses parah


Isotretinoin Untuk Jerawat Parah


Isotretinoin merupakan obat yang sangat ampuh dalam mengobati kasus jerawat yang paling parah. Dokter biasanya akan merekomendasikan obat ini kalau anda memiliki abses yang sudah parah, dan tak kunjung membaik setelah diberi pengobatan yang lain termasuk antibiotik

Obat ini berasal dari vitamin A, cara kerjanya yaitu pribadi membidik pada abses dengan menghentikan produksi minyak dan mengurangi inflamasi (peradangan) yang dapat menjadikan jaringan parut. Isotretinoin bisa mengontrol abses anda untuk waktu yang cukup lama, biasanya sekitar 15-20 minggu.

Efek Samping Isotretinoin


Meskipun cukup efektif dalam mengatasi abses yang parah,  berikut beberapa efek samping isotretinoin yang harus anda ketahui:

  • Salah satu efek samping yang cukup serius yaitu obat ini dapat menyebabkan cacat lahir pada janin. FDA ( Food and Drug Administration), tubuh pengawas makanan dan obat-obatan di Amerika mengharuskan wanita usia subur untuk menyetujui secara tertulis penggunaan alat kontrasepsi 1 bulan sebelum penggunaan obat ini, ketika penggunaannya, dan 1 bulan setelahnya. 
  • FDA juga memperingatkan bahwa penggunaan isotretinoin beresiko depresi, psikois (gangguan mental), dan ditemukan kasus percobaan bunuh diri (namun jarang). 
  • Saat menggunakan obat ini, dokter akan mengawasi efek samping jadi lakukanlah kunjungan ke dokter setidaknya sebulan sekali. 
  • Sebuah survey membuktikan, 8 dari 10 orang sembuh dari abses setelah menggunakan isotretinoin. Tapi sepertiga orang kemungkinan kembali berjerawat setelah sukses dengan pengobatan ini. Biasanya ini terjadi di tahun pertama setelah anda menyelesaikan pengobatan ini. Dokter anda akan merekomendasikan kembali pengobatan dengan isotretinoin atau pengobatan dengan cara lain, tergantung seberapa parah abses anda.

Penanganan Jerawat Parah Lainnya


  • Selain dengan isotretinoin, anda dapat mengobati abses parah dengan metode pengeringan dan pengangkatan abses kerikil yang besar. Metode ini dapat mengurangi resiko timbulnya jaringan parut.
  • Cara lain yang mungkin direkomendasikan oleh dokter yaitu suntik steroid anti peradangan untuk mengatasi abses yang meradang. Jerawat anda akan mengering dalam waktu 2-5 hari setelah penyuntikan.
  • Pilihan lain yang dapat anda pertimbangkan yaitu terapi photodynamic (PDT) atau terapi cahaya untuk membunuh kuman yang menyebabkan jerawat. 

Tips Memilih Pengobatan Untuk Jerawat Anda


  • Ada kecenderungan bahwa jerawat merupakan turunan.  Jika anda menemukan bahwa orang bau tanah dan saudara anda berjerawat disertai jaringan parut, konsultasikanlah hal ini dengan dokter biar menerima pengobatan yang sempurna untuk abses parah anda.
  • Amati tanda-tanda kalau abses anda berubah parah. Misalnya anda mendapati abses terasa dalam dan menyakitkan. Perhatikan juga apabila ada gejala timbul peradangan atau jaringan parut. 

Ikuti Tips di Bawah Ini Saat Merencanakan Pengobatan


  • Jangan menyia-nyiakan waktu, ketika terlihat tanda-tanda abses parah, segera konsultasikan dengan dokter. Semakin cepat pengobatan, anda akan melihat kesudahannya dengan cepat pula.
  • Jangan mengabaikan efek samping. Jika anda pernah mengalami efek samping dari obat yang diresepkan dokter, harap dibicarakan. Reaksi individu terhadap obat berbeda-beda. Pengobatan yang anda rencanakan haruslah membuahkan hasil.
  • Perhatikan suasana hati anda. Jerawat berkaitan dengan tingginya tingkat kecemasan dan depresi. Jika anda mengalami gejala apapun, bicarakanlah dengan dokter, biar pengobatannya tepat.

Sumber: WebMD


Related Post : Cara Menghilangkan Jerawat yang Parah

0 komentar:

Posting Komentar