Blog ini berisi tentang tips mengenai perawatan wajah secara alami sehingga mendapatkan wajah yang cantik, cerah dan terhindar dari jerawat, wajah kusam, wajah berminyak dan kerutan.

Sabtu, 16 September 2017

21+ Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami dan Permanen

Cara menghilangkan wangi mulut - Bau verbal yakni salah satu problem kesehatan yang umum dialami oleh banyak orang. Siapapun berpeluang untuk mengalami gangguan kesehatan ini, baik bawah umur maupun orang dewasa.

Walaupun sering dianggap sepele, wangi mulu yang tidak ditangani dengan baik akan mendatangkan efek buruk. Mulai dari kehilangan rasa percaya diri (minder), tidak disukai orang, sampai menjadi indikasi adanya penyakit serius.

Bau verbal mungkin yakni hal yang sepele, tapi kalau disepelekan juga dapat menghancurkan reputasi Anda. 

Tak peduli apakah Anda berwajah tampan/cantik, kalau verbal Anda bau, Anda pasti akan kehilangan daya tarik, bahkan dicap jorok oleh orang-orang di sekitar Anda.




Apakah Mulut Anda Bau? Begini cara mengetahuinya...




Bagaimana cara mendeteksi wangi mulut? Sebagian besar orang masih belum tahu bagaimana cara memastikan apakah verbal mereka wangi atau tidak.

Biasanya kebanyakan dari mereka hanya melaksanakan cara lama yang bergotong-royong keliru yaitu hanya dengan mengembuskan nafas pada telapak tangan, lalu menciumnya. Padahal cara tersebut kurang efektif untuk mendeteksi wangi mulut.

Sebenarnya ada cara yang lebih efektif untuk mendeteksi wangi mulut, silakan lakukan beberapa langkah berikut ini.

1. Pertama silakan, jilat telapak tangan Anda.
2. Kemudian diamkan sampai air liur yang ada di telapak tangan Anda mengering. 
3. Setelah itu cobalah untuk mencium telapak tangan Anda.

Bagaimana apakah telapak tangan Anda menimbulkan wangi tak sedap? Jika tidak, berarti verbal Anda dalam keadaan normal.

Tetapi kalau telapak tangan Anda menimbulkan wangi tak sedap, besar kemungkinan Anda mengalami problem wangi mulut.

Jika Anda sudah terlanjur mengalami problem wangi mulut, angkah pertama yang harus dilakukan yakni berhenti melaksanakan hal-hal yang dapat menyebabkan wangi verbal tak sedap. 

Silakan simak penjelasan dibawah ini untuk mengetahui apa saja hal yang dapat menjadi penyebab wangi mulut.


Penyebab Bau Mulut


Air liur yang ada di verbal berfungsi untuk membersihkan basil dan kotoran yang ada mulut. 

Penurunan kadar air liur akan menyebabkan penumpukan basil disekitar verbal (gigi, gusi, dan lidah). 

Penumpukan basil inilah yang menjadi penyebab wangi mulut. Sehingga verbal kita mengeluarkan wangi tak sedap yang menyengat.

Terdapat beberapa hal yang dapat menjadi penyebab wangi verbal yang tak sedap diantaranya :

1. Kurang Pandai Menjaga Kebersihan Mulut
Tak sedikit orang yang kurang bahkan tidak pernah mempedulikan kesehatan mulutnya. Padahal ini sangat penting.

Karena verbal menjadi pintu bagi segala jenis basil yang masuk ke dalam tubuh. Jika kebersihan verbal tidak terjaga, maka akan mengundang banyak sekali problem kesehatan diantaranya, sakit gigi, sariawan, wangi verbal dsb.


2. Gangguan Kesehatan pada Gusi
Masalah Kesehatan Pada Gusi
Bau verbal juga dapat disebabkan oleh gangguan kesehatan yang terjadi pada gusi.

Gangguan kesehatan yang terjadi di area gusi biasanya disebabkan oleh adanya penumpukan plak pada gigi.

Plak tersebut mengandung basil yang dapat menghasilkan racun. Kemudian racun-racun tersebut akan menimbulkan peradangan pada gusi.

Jika kondisi menyerupai ini terus dibiarkan, tentu dapat membahayakan gusi dan tulang rahang. Lumayan mengerikan bukan? 

3. Sariawan
Bau verbal yang tak sedap juga dapat disebabkan oleh adanya jerawat yang terjadi di area verbal menyerupai sariawan.

4. Gigi Berlubang
Selain ketika hal diatas, gigi berlubang menjadi salah satu penyebab wangi verbal yang paling sering dialami.

Gigi berlubang akan menampung kotoran dan bakteri. Jika dibiarkan, kotoran dan sisa makanan tersebut akan berada dalam jangka waktu yang lama. 

Sehingga kotoran dan sisa makanan tersebut akan mengalami pembusukan dan menjadi sarang bakteri. Nah, bakteri-bakteri inilah yang akan menyebabkan verbal Anda mengeluarkan wangi verbal yang menyengat.

5. Luka Akibat Pencabutan Gigi
Pernah melaksanakan pecabutan gigi? Ternyata kalau kita tidak terpelajar menjaga kebersihan mulut, basil yang ada di verbal dapat menimbulkan jerawat pada luka tersebut. Sehingga verbal Anda mengeluarkan wangi tak sedap yang menyengat.

6. Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan Penyebab Bau Mulut
Terdapat beberapa makanan yang dipercaya dapat menimbulkan wangi verbal diantaranya, durian, jengkol, petai dsb.

Mengonsumi jenis makanan tersebut dapat menyebabkan verbal Anda bau. Untuk itu, biar verbal Anda tidak bau, mulai sekarang hindari makanan-makanan tersebut.

7. Terlalu Banyak Mengonsumsi Minuman beralkohol dan Merokok
Selain makanan, juga terdapat jenis minuman yang dapat menjadi penyebab wangi verbal salah satunya yaitu alkohol. Selain itu, wangi verbal juga dapat disebabkan oleh rokok. Baca juga : 13 Tips Powerful Berhenti Merokok yang Belum diketahui Banyak Orang

8. Penyakit yang Berkaitan dengan Perut dan Usus
bau verbal tidak sedap dapat disebabkan oleh penyakit yang bekerjasama dengan perut dan usus menyerupai jerawat basil pada usus kecil dan lapisan perut, juga penyakit asam lambung.

Itulah beberapa hal yang dapay menjadi penyebab wangi verbal tak sedap. Setelah mengetahui penyebab wangi mulut, setidaknya Anda akan tahu apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Selain berhenti melaksanakan hal yang dapat menyebabkan wangi mulut, Anda juga dapat mencoba beberapa cara alternatif untuk mengatasi wangi mulut. Untuk mengetahui bagaimana caranya, silakan scroll kebawah...!


Tips Menghilngkan Bau Mulut

Berikut ini yakni beberapa cara mengatasi wangi verbal yang dapat Anda lakukan di rumah.

Cara Mengatasi Bau Mulut Karena Gigi Berlubang


1. Menyikat Gigi Secara Teratur
Seperti yang sudah disebutkan diatas, salah satu penyebab wangi verbal yakni karena kebersihan verbal yang kurang terjaga.

Salah satu cara untuk menjaga kebersihan verbal yakni dengan rutin menggosok gigi (pagi, siang, dan malam sebelum tidur). Karena selain bermanfaat untuk memutihkan gigi, rutin menyikat gigi juga dapat memuat Anda terhindar dari problem wangi mulut. Usahakan ganti sikat gigi Anda 3 bulan sekali.


2. Memeriksa Kesehatan Gigi Secara Teratur
Selain dengan rutin menyikat gigi, Anda juga dapat melaksanakan pemeriksaan kesehatan gigi secara teratur. Agar Anda dapat melaksanakan pencegahan dini manakala gigi Anda mengalami problem kesehatan.


3. Menambal atau Mencabut Gigi yang Berlubang 
Jika gigi Anda sudah terlanjur mengalami gangguan kesehatan gigi menyerupai gigi berlubang, Anda dapat megunjungi dokter seorang jago gigi untuk melaksanakan penambalan atau pencabutan gigi berlubang.


Cara Mengatasi Bau Mulut Karena Masalah Gusi

Mengatasi Bau Mulut Akibat Masalah Kesehatan Gusi
Gangguan Kesehatan Gusi @pixabay.com


4. Gunakan Obat Kumur Anti Bakteri
Selain dengan rutin menggosok gigi, Anda juga dapat membiasakan berkumur setiapkali selesai menggosok gigi menggunakan obat kumur yang mengandung anti basil misalnya l*strin.

Note.
Jangan terlalu sering menggunakan cara ini, karena jutru kalau berlebihan malah akan memperparah problem wangi mulu Anda.

5. Minum Cukup Air Putih
Rutin minum air sebanyak 8 gelas per hari selain menyehatkan tubuh, juga dapat membersihkan basil dan kotoran yang ada di sekitar mulut.

Selain itu, air putih tersebut juga bermanfaat untuk membersihkan basil yang terdapat pada organ usus. Jika verbal dan usus Anda terjaga kebersihannya, Anda akan terhindar dari problem wangi mulut.


6. Kunyah Permen Karet Bebas Gula
Menguyah permen karet bebas gula juga dapat dilakukan guna mencegah problem wangi mulut. Sepeti yang telah dijelaskan diatas bahwa, salah satu penyebab wangi verbal yakni akhir adanya penurunan kadat air liur.

Aktivitas mengunyah permen karet ini dapat membantu merangsang produksi air liur di sekitar mulut. Air liur tersebut akan bermanfaat untuk membersihkan kotoran dan basil yang ada di sekitar mulut.

Sehingga Anda akan terhindar dari problem wangi mulut. Bagaimana apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Selain menyenangkan, cara ini dinilai sebagai salah satu cara yang paling efektif untuk menghilangkan wangi mulut.


7. Gunakan Kunyit Sebagai Obat Kumur

Beberapa bulan yang lalu, pemilik channel youtube FitLifeTV melakukan eksperimen untuk memutihkan gigi dengan kunyit.

Siapa sangka akhirnya di luar perkiraan. Ternyata ia berhasil memutihkan gigi hanya dengan menggunakan pasta gigi alami berbahan kunyit [info selengkapnya dapat Anda baca disini].

Namun, selain berkhasiat untuk memutihkan gigi, menurut pemilik channel youtube tersebut menyatakan bahwa, kunyit juga dapat mencegah dan mengobati banyak sekali problem kesehatan yang dapat terjadi di sekitar gusi.

Cara menggunakan kunyit untuk mencegah dan mengatasi wangi verbal :

  • Haluskan 1 ruas kunyit berukuran sebesar ibu jari orang dewasa
  • Sediakan 3 potong gambir, lalu campurkan dengan kunyit yang sudah dihaluskan tadi.
  • Setelah itu campurkan dengan 2 gelas air putih
  • Selanjutnya, rebus bahan-bahan yang sudah dicampurkan tadi.
  • Tunggu sampai airnya mendidih, dan air rebusan tersebut kira-kira hanya tersisa 1 gelas
  • Diamkan beberapa saat, sampai air rebusan kunyit tersebut dingin/tidak terlalu panas
  • Setelah itu, gunakan sebagai obat kumur. Usahakan untuk menggunakan obat kumur alami tersebur 3-4 kali dalam sehari



Cara Mengatasi Bau Mulut Akibat Asam Lambung

Tips Menghilangkan Bau Mulut Akibat Asam Lambung
Asam Labung @vimeo.com

8. Jangan Lupa Sarapan
Masih banyak orang yang meremehkan manfaat kebiasaan sarapan di pagi hari. Selain untuk menambah tenaga, rutin sarapan pagi juga dapat mencegah wangi mulut.

Saat Anda telat atau lupa sarapan pagi, kadar asam dalam badan Anda akan meningkat dan menyebabkan asam lambung atau maag.

Seperti yang telah diebutkan sebelumnya, salah satu penyebab wangi verbal yakni karena penyakit lain menyerupai asam lambung.

Dengan rutin sarapan pagi, Anda akan menerima banyak manfaat sekaligus diantaranya, untuk menambah tenaga juga dapat mencegah problem kesehatan lainnya menyerupai wangi mulut.


9. Jangan Terlalu Banyak Minum Kopi
Kopi mengandung kafein yang dapat meningkatkan asam lambung. Inilah salah satu alasan mengapa penderita maag kronis disarankan untuk menghindari kopi. Sedangkan asam lambung merupakan salah satu penyebab wangi mulut.

Kaprikornus untuk mengatasi wangi verbal yang disebabkan oleh penyakit yang berkaitan dengan perut dan usus (seperti asam lambung), sebaiknya Anda menghindari penyebabnya yang salah satunya yakni kopi.


Cara Mengatasi Bau Mulut Setelah Makan Jengkol

Cara Mengatasi Bau Mulut Setelah Makan Jengkol
Jengkol by. wikipedia


10. Beras
Beras dipercaya dapat mengurangi wangi menyengat dari verbal karena memakan makanan yang mengeluarkan wangi tak sedap menyerupai jengkol dan petai.

Caranya pun sangat mudah, Anda hanya perlu mengambil besar sebanyak satu kepalan tangan Anda. Setelah itu, kunyah sampai halus dan biarkan bercampur dengan air liur kita.

Lakukan cara ini selama 5-10 menit, kemudian telanlah beras tersebut. Jangan dulu minum air putih, tunggu selama 3 menit dulu, gres boleh minum air putih.


11. Kopi Hitam
Kandungan kafein dalam kopi dipercaya dapat meningkatkan kadang asam dalam tubuh. Namun, walaupun begitu mengunyah serbuk kopi hitam juga telah terbukti dapat mengatasi wangi verbal setelah makan jengkol dan petai.

Susu kental manis juga cukup efektif untuk mengurangi wangi verbal akhir konsumsi makanan berbau tak sedap menyerupai jengkol dan petai.

Anda hanya perlu mengonsumsi susu kental manis, diamkan selama 5 menit, setelah itu gres boleh minum air putih. Setelah itu Anda akan segera melihat hasilnya.

Note.
Bagi Anda penderita penyakit maag atau asam lambung, sebaiknya tidak menggunakan cara ini. Karena kopi dapat memicu maag dan menyebabkan penyakit asam lambung.


Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa


12. Setelah sahur jangan tidur lagi
Tidur setelah makan sahur, akan dapat membuat kadar asam dalam badan Anda meningkat. Jika ini terjadi, biasanya akan menyebabkan penyakit maag atau asam lambung. Kedua penyakit tersebut dapat menimbulkan wangi mulut.

Jadi, ingat, setelah makan sahur, usahakan untuk tidak tidur lagi. Anda mampu melaksanakan acara yang lebih bermanfaat dan menyehatkan menyerupai beres-beres rumah dan berolahraga.

13. Tidak memakan makanan/minuman penyebab wangi mulut
Tanpa mengonsumsi makanan yang berbau tak sedap pun, kalau perut Anda dalam keadaan kosong, biasanya akan menimbulkan mau mulut.

Apalagi kalau ditambah dengan makan-makan penyebab wangi verbal menyerupai jengkol dan petai, dijamin problem wangi verbal jadi makin parah.

Untuk itu, biar Anda terhindar dari problem wangi mulut, hindari makan sahur dengan makanan-makan tersebut.


Cara Alami Menghilangkan Bau Mulut


14. Kencur
Rempah-rempah yang biasa digunakan untuk bumbu kuliner ini ternyata juga mempunyai khasiat yang luar biasa, salah satunya untuk menghilangkan wangi mulut.

Cara penggunaan :

  • Sediakan 1 - 3 ruas kencur
  • Kemudian basuh bersih
  • Setelah itu kunyah beberapa menit atau sampai halus
  • Telah airnya kemudian buang ampasnya
  • Lakukan cara ini 3 kali sehari untuk hasil yang optimal.


15. Daun Sirih
Daun sirih yakni salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan diantaranya dapat digunakan sebagai obat herbal mata minus, obat keputihan, dan masih banyak lagi, tak terkecuali untuk mengatasi wangi mulut.

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa penyabab wangi verbal yakni bakteri. Daun sirih memiliki sifat anti-bakterial yang berkhasiat untuk membasmi basil dan kuman.

Sehingga kalau digunakan sebagai obat kumur, daun sirih dapat mencegah bahkan mengatasi problem wangi mulut.

Cara penggunaan :

  • Sediakan 5-10 helai daun sirih yang masih segar
  • Masukan kedalam 2 gelas air putih
  • Rebus daun sirih tersebut dan tunggu sampai airnya mendidih dan tersisa kira-kira satu gelas
  • Gunakan air rebusan daun sirih terseut sebagai obat kumur alami untuk mengatasi wangi mulut.


16. Teh Hijau
Teh hijau memiliki kandungan yang penting untuk badan yang disebut katekin. Zat tersebut bersifat antioksidan yang memiliki banyak manfaat seperti, dapat mencegah penuaan dini, menghilangkan jerawat dsb.

Selain itu teh hijau juga memiliki sifat anti-bakterial, yang mana bermanfaat untuk membunuh basil jahat yang ada dalam tubuh.

Dengan mengonsumsi minuman herbal ini, Anda akan menerima segudang manfaat, yang salah satunya dalam mencegah dan mengatasi wangi mulut.


17. Konsumsi Buah-buahan
Vitamin C berkhasiat untuk membasmi basil jahat. Mengonsumsi buah-buahan secara tidak eksklusif dapat membuat Anda terhindari dari problem wangi mulut. Karena vitamin C tersebut banyak terkandung dalam buah-buahan. Baca juga : 10 Buah terbaik untuk Kesehatan Gigi dan Mulut.


Tambahan...

18. Berhenti Merokok dan Minum Alkohol
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa merokok dan minum alkohol merupakan salah satu penyebab wangi mulut.

Bagi Anda perokok aktif, untuk mengatasi wangi mulut, mau tidak mau Anda harus mulai mengurangi atau bila perlu berhenti merokok. Walaupun untuk berhenti merokok sangat sulit, tapi minimal dikurangi. Begitupun dengan Anda yang hobi mengonsumsi minuman beralkohol.


19. Konsumsi Vitamin C
Benarkah vitamin C dapat mengatasi wangi mulut? Yup benar sekali. Vitamin C bermanfaat untuk membunuhi bakteri, termasuk basil yang ada di sekitar mulut.

Maka dari itulah, mengonsumsi vitamin C dapat dilakukan sebagai salah satu cara untuk menghilang wangi mulut. Namun, sebaiknya Anda mengonsumsi vitamin C yang berasal dari buah-buahan, bukan vitamin C dalam bentuk suplemen.

20. Daun Kemangi
Selain kencur, Anda juga dapat menggunakan daun kemangi untuk menghilangkan wangi mulut. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu mengunyah beberapa helai daun kemangi, kemudian telan.

Lakukan cara ini 3 kai sehari biar akhirnya maksimal. Walaupun sederhana, cara ini sudah terbukti efektif hilangkan wangi mulut.
thumbnail postingan
21. Berkonsultasi Pada Dokter Spesialis
Cara terakhir yang dapat Anda lakukan kalau setelah menggunakan cara diatas, tapi wangi verbal tak kunjung hilang yakni dengan berkonsultasi pada dokter seorang jago mulut. Dengan cara demikian, Anda akan menerima solusi yang lebih sempurna dan efektif.


Tips Mencegah Bau Mulut

Walaupun problem wangi verbal sudah teratasi, tapi wangi verbal tidak mampu diatasi secara permanen. Jika teladan hidup kita jorok, bukan tidak mungkin, Anda akan mengalami problem ini lagi. Untuk mencegahkan Anda dapat melaksanakan tips mecegah wangi verbal berikut ini.

  • Rutin menjaga kebersihan verbal dengan rajin menyikat gigi dan berkumur dengan obat kumut anti-bakteri.
  • Mengonsumsi buah-buahan yang baik untuk kesehatan gusi dan mulut.
  • Berhenti merokok dan mengonsumsi Alkohol.
  • Gunakan benang gigi untuk membersihkan sisa makan yang menempel di gigi.
  • Mengangkat kotoran yang menempel di lidah
  • Minum air putih yang cukup
  • Menguyah permen karet bebas gula


Bagaimana cukup mudah bukan? Apakah Anda juga ingin mencobanya? Jika cara diatas berhasil mengatsi problem wangi verbal yang Anda alami, silkan BAGIKAN informasi ini.


Tags :

Related Post : 21+ Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami dan Permanen

0 komentar:

Posting Komentar