Blog ini berisi tentang tips mengenai perawatan wajah secara alami sehingga mendapatkan wajah yang cantik, cerah dan terhindar dari jerawat, wajah kusam, wajah berminyak dan kerutan.

Jumat, 22 September 2017

Inilah Cara Mengobati Batuk Kering dan Berdahak Secara Alami

Tips Cara Mengobati Batuk Kering dan Berdahak Secara AlamiPernahkah Anda mengalami batuk? Hmm sepertinya kita semua pasti pernah mengalami batuk. Dari ketika kita masih kecil, balita sampai ketika ini kita memang rentan terkena batuk. Kadang sempat terpikir apakah batuk itu memang kodrat seorang insan atau memang tubuh kita saja yang perlu kekebalan lebih sehingga tidak mudah batuk?

Inilah Cara Mengobati Batuk Kering dan Berdahak Secara Alami
Batuk

Batuk sebenarnya ialah respon alami dalam tubuh kita untuk mengeluarkan iritasi akhir abu atau kotoran yang mengganggu sistem pernapasan. Bahkan batuk merupakan salah satu sistem pertahanan tubuh dari serangan benda luar.

Seseorang yang mengalami batuk biasanya terdapat gangguan didalam akses pernapasannya. Baik itu dari organ pernapasan luar atau bahkan dari syarafnya. Kita berguru organ pernapasan yang bergitu kompleks dari sekolah dasar sampai menengah. Dan kita menjadi tahu ada beberapa jenis batuk beserta penyebabnya.

Pada kesempatan kali ini kami sengaja membagikan isu yang berkaitan dengan batuk, mulai dari pengertian jenis-jenis batuk sampai tips dan obat yang bisa Anda gunakan. Langsung saja simak isu dibawah ini.

❧ Apa itu batuk kering ?

Sebenarnya ada 2 jenis batuk, yaitu batuk kering dan batuk berdahak. Pada sesi pertama kita akan membahas seputar batuk kering. Apa sih yang dimaksud dengan batuk kering ? Batuk kering ialah kondisi dimana Anda batuk dan tidak mengeluarkan apapun selain udara. Bila dilihat dengan detail, dalam proses batuk kering biasanya kita mengeluarkan semacam bakteir, virus dan biasanya batuk kering memang dibutuhkan oleh tenggorokan kita untuk membersihkan akses pernapasan yang mungkin sudah menyimpan abu atau kotoran akhir kita menghirup udara kotor. 

Biasanya yang mengalami batuk kering ialah penderita flu. Hanya saja bila keadaan batuk kering ini lebih dari satu bulan atau bahkan 2 bulan, maka Anda patut curiga untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

❧ Penyebab batuk kering

Ada banyak penyebab mengapa seseorang menderita batuk kering, dan berikut ialah penyebab umum yang perlu Anda ketahui sehingga Anda bisa menghindarinya.

1. Penderita sinusitis
Orang yang menderita penyakit sinusitis biasanya lebih sering batuk, dan batukya termasuk kedalam batuk kering. Apalagi bila seorang tersebut berada di kawasan bersuhu masbodoh yang menimbulkan mereka mengalami batuk kering sebagai refleks tubuh terhadap udara luar.

2. Asma
Jika Anda memiliki riwayat penyakit asma, tidak salah lagi kalau memang Anda sering mengalami batuk ringan. Orang yang sedang kambuh penyakit asma, biasanya sangat sering batuk di malam hari.

3. Asam dalam perut
Kasus ini jarang terjadi, dimana ada kondisi asam dalam perut yang berjalan menuju tenggorokan dan namun melalui kerongkongan. Nah hal ini pula yang menimbulkan seseorang mengalami batuk-batuk kecil dan ringan.

4. Komplikasi obat
Orang yang sudah terbiasa mengonsumsi obat, biasanya cenderung lebih mudah batuk. Hal ini ialah sebuah refleks tubuh yang ingin mengeluarkan kotoran dari sistem pernapasan.

5. Alergi
Bila Anda memiliki alergi pada suatu benda, makanan atau binatang, biasanya Anda akan mengalami batuk-batuk ringan. Dan hal ini sebagai bentuk penolakan tubuh terhadap benda yang menimbulkan tubuh kita menjadi alergi.

6. Kebiasaan buruk
Dan penyebab batuk kering yang terakhir ialah kebiasaan buruk menyerupai merokok, minum alkohol yang pasti berdampak buruk bagi kesehatan seseorang. Itu mengapa perokok akan lebih mudah terkena penyakit akses pernapasan, dan yang paling parah ialah penyakit kanker paru-paru.

❧ Gejala batuk kering

Setelah mengetahui beberapa hal mengenai kondisi dan juga penyebab umum seseorang terkena batuk kering, maka selanjutnya kita juga akan berguru mengenai gejala batuk kering. Dan bila hal ini terjadi diperlukan Anda bisa segera menanganinya.

1. Tenggorokan gatal
Biasanya sebelum Anda batuk, Anda akan mencicipi tenggorokan gatal-gatal. Dan Anda akan merasa tidak nyaman, biasanya sedikit-sedikit Anda akan batuk untuk berusaha mengeluarkan sesuatu yang mengganjal di tenggorokan Anda.

2. Tubuh lemas
Dan bila pertahanan tubuh kita kurang, biasanya kita akan merasa lemas. Tubuh menyerupai tidak berdaya akhir kekebalan tubuh kita tidak bisa menyerang virus atau jerawat dari luar.

3. Pusing kepala
Dan yang terakhir ialah pusing kepala. Salah satu gejala yang paling umum dialami oleh seseorang yang memang akan mengalami batuk kering.

❧ Tips mengobati batuk kering dengan materi alami

Setelah mengetahui semua isu yang berkaitan dengan pengertian, gejala sampai penyebab batuk, sekarang saatnya Anda mengetahui solusi pasti dari cara mengobati batuk kering dengan menggunakan materi yang alami.

Karena materi alami jauh lebih aman dan tidak boros biaya. Apa saja yang bisa digunakan untuk mengobati batuk kering ? Simak informasinya dibawah ini.

1. Jahe
Bila Anda mengalami batuk kering, cara yang paling mudah untuk mengatasinya ialah dengan menggunakan jahe. Anda bisa merebus jahe untuk kemudian diminum airnya secara perlahan. Kandungan jahe yang memiliki banyak manfaat serta menghangatkan tubuh ini akan membuat Anda menjadi lebih baik.

2. Madu
Bila Anda tidak suka jahe, Anda bisa mengonsumsi madu asli. Dengan diminum pribadi atau bisa juga dimasukkan kedalam wedang jahe. Karena madu bisa membuat tubuh menjadi lebih besar lengan berkuasa dan menunjukkan kebaikan untuk tubuh.

3. Bawang merah
Sedangkan untuk anak-anak, Anda bisa menggunakan bawang merah untuk mengatasi batuk kering yang sedang mereka alami. Karena bawang merah bersifat hangat dan antiseptik sehingga baik untuk digunakan sebagai obat tradisional.

4. Lemon
Dan yang terakhir ialah dengan mengonsumsi lemon, baik itu dibuat minuman hangat atau jus. Usahakan jangan menggunakan es karena es bisa memperparah keadaan batuk Anda.

❧ Apa itu batuk berdahak ?

Berbeda dengan batuk kering, batuk berdahak ini memang sering dialami oleh masyarakat Indonesia. Namun gotong royong batuk berdahak ini sangat wajar, karena sebagai pertolongan tubuh untuk mengeluarkan abu atau basil yang masuk dan mengganggu sistem pernapasan. Dahak atau lendir ini bertugas untuk membuang kotoran dan pada hasilnya kita keluarkan melalui batuk. Lendiri gotong royong berwarna putih bening, hanya saja sering kita jumpai lendir yang berwarna hijau atau kuning yang mengambarkan bahwa dalam sistem pernapasan kita terdapat infeksi. Perubahan warna ini dikarenakan kumpulan basil yang menginfeksi akses pernapasan kita.

❧ Penyebab batuk berdahak

Ada beberapa hal yang menimbulkan seseorang mengalami batuk disertai dengan dahak, dan berikut ialah penyebab utama seseorang mengalami batuk berdahak.

1. Virus
Orang yang terserang virus dan tidak bisa mencegahnya, maka hal yang paling mungkin terjadi ialah mengalami batuk yang disertai dengan dahak. Dahak yang keluar pun dalam bentuk cair dan berwarna pekat. Ini membuktikan terdapat virus dalam akses pernasapan.

2. Infeksi
Yang kedua karena disebabkan oleh jerawat akses pernapasan yang cukup parah. Bila jerawat ini tidak segera diatasi maka yang akan terjadi ialah kita akan batuk dan mengeluarkan lendir sisa jerawat dari basil atau virus yang ada didalam.

3. Penyakit paru-paru
Dan yang terakhir ialah akhir mengidap penyakit paru-paru akut, misalnya saja TBC, bronkitis, kanker paru-paru sehingga menimbulkan seseorang menderita batuk berdahak yang cukup parah.

❧ Gejala batuk berdahak

Ada beberapa gejala yang bisa Anda rasakan bila Anda akan mengalami batuk berdahak sebagai berikut.

1. Tubuh merasa lemas menyerupai meriang
Anda yang akan mengalami batuk berdahak biasanya akan merasa lemas, suhu tubuh panas masbodoh serta keadaan tubuh yang tidak stabil. Biasanya Anda akan menghabiskan waktu untuk tidur karena memang keadaan tubuh yang tidak memungkinkan untuk melaksanakan banyak sekali aktivitas.

2. Mulai mencicipi batuk
Secara tidak sadar Anda mulai mengalami batuk kecil dan frekuensinya mulai lebih sering.

3. Mengeluarkan lendir dari mulut
Dan yang terakhir ialah kondisi dimana Anda setelah batuk akan mengeluarkan lendir dari mulut. Mungkin awalnya hanya sedikit, namun lama kelamaan kadarnya akan semakin banyak sesuai dengan keadaan tubuh dan akses pernapasan Anda.

❧ Tips mengobati batuk berdahak dengan materi alami

Dibawah ini sudah kami siapkan beberapa isu mengenai cara mengobati batuk berdahak secara alami yang bisa Anda coba dirumah. Yuk simak.

1. Belimbing wuluh
Belimbing wuluh yang kecil dan imut ini ternyata bisa bermanfaat untuk mengatasi batuk berdahak. Anda bisa membuat ramuan dari belimbing wuluh ini secara rutin untuk menghilangkan lendir di tenggorokan.

2. Jeruk nipis
Nah untuk Anda yang suka mengonsumsi jeruk nipis, Anda boleh membuat minuman hangat dari jeruk nipis ini. karena jeruk nipis bisa membuat daya tahan tubuh kita membaik, membuat keadaan kita jadi lebih sehat dan membantu untuk mengeluarkan dahak yang mengganggu tenggorokan.

3. Kunyit
Dan yang terakhir ialah menggunakan kunyit. Tanpa disadari ternyata kunyit bisa bermanfaat untuk menghilangkan batuk berdahak. Caranya ialah dengan membuat minuman kunyit hangat yang telah dicampur madu sebagai pemanis, minum ramuan ini sehari sekali sampai Anda sembuh. Kandungan anti peradangan dalam kunyit serta madu yang memang baik untuk kesehatan bisa membuat Anda lebih sehat dan lendir dalam tenggorokan pun akan hilang.

❧ Obat yang disarankan untuk mengobati batuk kering dan berdahak

Apakah Anda sudah siap untuk mencoba beberapa langkah diatas ? Mencoba untuk melaksanakan cara alami yang bisa digunakan untuk mengobati batuk berdahak dan batuk kering.

Namun untuk Anda yang ingin mencoba menggunakan obat modern, kami memiliki saran semoga Anda mengonsumsi beberapa obat dibawah ini untuk menghilangkan batuk berdahak dan kering.

1. Obat ekspektoran
Obat ekspektoran ini bertujuan untuk membantu tubuh semoga bisa mengeluarkan lendir atau dahak. Dan obat ini memang dianjurkan untuk diminum bagi mereka penderita batuk berdahak.

2. Antibiotik
Sedangkan untuk Anda yang menderita batuk kering, Anda bisa minum antibiotik yang bisa membunuh basil dan meredakan jerawat dalam akses pernapasan. Antibiotik ini bermanfaat untuk membunuh bakteri.

Kaprikornus apakah Anda sekarang paham untuk melaksanakan penanganan terhadap batuk? Beda jenis batuknya, beda penanganannya. Jangan lupa untuk selalu menjaga diri, menerapkan teladan hidup sehat dan gunakan masker ketika berada diluar ruangan.

Tags :

Related Post : Inilah Cara Mengobati Batuk Kering dan Berdahak Secara Alami

0 komentar:

Posting Komentar