Blog ini berisi tentang tips mengenai perawatan wajah secara alami sehingga mendapatkan wajah yang cantik, cerah dan terhindar dari jerawat, wajah kusam, wajah berminyak dan kerutan.

Jumat, 15 September 2017

Jenis-jenis Komedo dan Cara Mencegahnya, No.2 Lebih Sulit Dihilangkan

Memiliki kulit wajah yang bersih, sehat, dan berseri merupakan harapan setiap orang, khususnya wanita. Ada banyak sekali gangguan pada wajah yang mampu mengurangi aura kecantikan seorang wanita, ibarat jerawat, komedo, dan flek hitam.

Salah satu bentuk duduk perkara pada wajah yang sulit untuk diatasi yakni duduk perkara komedo. Sehingga perlu sekali mengetahui jenis-jenis komedo semoga mampu melaksanakan penanganan yang sempurna yang saat akan mengatasi gangguan komedo.

Banyak wanita yang mengeluhkan duduk perkara wajah yang berkaitan dengan komedo ini. Selain mengganggu penampilan, komedo yang menumpuk di wajah juga mengindikasikan seseorang yang terbelakang dalam menjaga kebersihan wajahnya.

Setelah mengetahui jenis-jenis komedo, mengetahui penyebab munculnya komedo juga merupakan hal yang penting untuk diketahui, mengingat seringnya komedo muncul kembali setelah dibersihkan.

Ada dua jenis komedo yang ada di wajah, yakni komedo hitam (blackheads) dan komedo putih (whiteheads). Walaupun hampir sama, kedua komedo ini memiliki karakteristik yang berbeda begitu pula dengan cara menghilangkannya.

Macam-macam komedo, penyebab dan bagaimana cara mengatasinya
Jenis-jenis Komedo


Jenis-Jenis Komedo dan Cara Mencegahnya


1. Komedo Hitam (Blackheads)

Dari jenis-jenis komedo yang ada, yang pertama yakni komedo hitam atau sering disebut blackheads. Komedo hitam ini merupakan jenis komedo yang terbuka dan tidak ada jaringan epitel kulit yang menutupinya.

Komedo hitam yang terbuka ini terbentuk dari gumpalan sebum yang bercampur dengan sel-sel kulit mati, debu, kotoran, bakteri, dan garam yang terdapat pada keringat.

Komedo ini awalnya berwarna putih, namun karena adanya oksidasi warnanya menjelma hitam. Warna hitam yang ada pada komedo ini disebabkan proses oksidasi antara oksigen dengan pigmen yang ada pada kulit wajah yang disebut dengan melanin.

Ciri-ciri komedo hitam, yang membedakan komedo hitam dengan komedo putih yakni warnanya. Komedo putih akan tetap memiliki warna yang putih karena tidak mengalami proses oksidasi. Adapun area di wajah yang sering terdapat komedo berwarna hitam yakni di episode dahi, dagu, dan hidung.

Komedo ini merupakan jenis komedo yang mudah untuk dihilangkan, karena sudah tidak tertutup oleh jaringan epitel kulit. Namun, yang menjadikan Anda harus waspada yakni adanya inflamasi saat menghilangkan komedo hitam ini sampai menjadikan duduk perkara yang lebih serius pada wajah ibarat timbulnya jerawat. Oleh karena itu diharapkan kehati-hatian saat hendak cara menghilangkan komedo hitam di hidung dan di wajah.



2. Komedo Putih (Whiteheads)

Jenis-jenis komedo yang ada memang tidak banyak karena hanya ada dua, setelah di atas telah dibahas mengenai komedo hitam selanjutnya yakni komedo putih atau disebut whiteheads.

Berbeda dengan komedo hitam yang tertutup, komedo putih ini memiliki karakteristik yang tertutup atau terletak di bawah jaringan epitel kulit. Komedo putih ini terbentuk karena adanya gumpalan sebum yang terlihat ibarat noda berwarna putih yang terletak di dalam lobulus sebaceous di bawah jaringan epitel kulit.

Ciri-ciri komedo putih ini yakni saat disentuh terasa ibarat ada gumpalan yang padat di wajah. Biasanya komedo putih ini muncul di wajah dalam bentuk tunggal atau mampu juga berkelompok dalam jumlah yang cukup banyak.

Adapun area di wajah yang sering terdapat komedo putih yakni episode kelopak mata, tulang pipi, dan hidung. Namun, komedo putih ini mampu muncul di episode wajah mana saja. Dikarenakan letak dari komedo putih yang berada di bawah jaringan epitel, menyebabkan komedo ini sulit untuk dihilangkan.

Karena menghilangkan komedo putih di hidung ini sangat sulit, sehingga Anda tidak dianjurkan untuk menghilangkannya sendiri kalau tidak memiliki keterampilan yang mumpuni. Saat Anda mencoba untuk mengeluarkan komedo putih sendiri, kemungkinan terjadinya peradangan lebih besar, sehingga dikhawatirkan mampu mengalami duduk perkara yang lebih serius lagi di wajah.


Penyebab Munculnya Komedo Hitam di Wajah

Setelah mengetahui jenis-jenis komedo, selanjutnya penting untuk Anda ketahui wacana penyebab munculnya komedo hitam di wajah. Komedo hitam yang awalnya berwarna putih ini terbentuk karena adanya penyumbatan di episode pori-pori kulit oleh sebum.

Sebum sendiri merupakan minyak di wajah yang dihasilkan oleh kelenjar kulit. Selain penyumbatan oleh sebum, adanya komedo hitam ini juga disebabkan oleh penyumbatan oleh sel kulit mati, kotoran, bakteri, dan juga polusi.

Secara perlahan, kotoran yang menyumbat episode pori-pori tersebut didorong ke episode permukaan kulit. Setelah berada di episode permukaan kulit, kotoran ini bertemu dengan oksigen sehingga terjadilah proses oksidasi yang menyebabkan komedo berwarna hitam.

Faktor lain yang mampu memicu timbulnya komedo hitam di wajah yakni kondisi hormon badan yang sedang tidak stabil, ibarat saat Anda sedang menstruasi, mengalami kehamilan, serta sedang pubertas.

Selain itu, masih ada faktor lain yang mampu menyebabkan terbentuknya banyak sekali jenis-jenis komedo di wajah khususnya komedo hitam yakni produksi minyak yang berlebih di kulit, adanya basil penyebab jerawat, sel kulit mati yang mengelupas, kurang menjaga kebersihan kulit, menggunakan make up tertentu, serta kondisi lingkungan yang kotor.

Penyebab Munculnya Komedo Putih di Wajah

Dari jenis-jenis komedo tadi, selanjutnya masuk ke penyebab munculnya komedo putih. Ada banyak faktor yang menyebabkan munculnya komedo putih di wajah. Namun, awalnya komedo putih ini terjadi karena adanya minyak berlebih di kulit wajah yang dan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori wajah yang terbuka.

Penyebab komedo putih yang pertama yakni adanya perubahan hormon yang terjadi di badan seseorang. Meningkatnya produksi hormon di badan biasanya terjadi saat memasuki masa pubertas.

Produksi hormon androgen yang meningkat akan memaksa kelenjar sebasea untuk memproduksi banyak sebum ke episode kulit wajah. Sehingga kulit wajah akan lebih berminyak dari biasanya.

Minyak yang berlebih ini akan menutupi pori-pori kulit wajah, dan terbentuklah komedo putih.
Faktor penyebab komedo putih yang selanjutnya yakni dikarenakan faktor genetik.

Orang dengan faktor genetik memiliki kulit berminyak akan lebih rentan terkena komedo putih apabila dibandingkan dengan orang yang memiliki kulit kering.

Kulit yang berminyak ini merupakan hasil keturunan dari orang tua, sehingga tidak mampu diubah dengan cara apapun. Adanya minyak berlebih di wajah menyebabkan pori-pori wajah tertutup dan terbentuklah komedo putih.

Faktor penyebab komedo putih yang selanjutnya yakni karena salah memakai kosmetik. Sebagai wanita pastinya sering menggunakan banyak sekali macam kosmetik untuk menunjang penampilan semoga lebih menarik.

Namun, kosmetik yang tidak sesuai justru dapat menjadikan duduk perkara pada wajah, contohnya muncul komedo putih.

Kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit serta memiliki materi baku yang tidak terperinci dapat menyebabkan komedo. Ketika Anda menggunakan kosmetik yang tidak sesuai akan menyebabkan pori-pori wajah menjadi tertutup dan tidak mampu bernapas.

Terlebih lagi dengan kosmetik yang mengandung minyak, akan mempercepat terbentuknya banyak sekali jenis-jenis komedo, salah satunya yakni komedo putih di wajah.

Cara Mencegah Timbulnya Komedo

Setelah mengetahui jenis-jenis komedo dan penyebab terbentuknya, yang terakhir yakni mengetahui cara mencegah semoga komedo tidak muncul di wajah. Ada banyak cara sehat yang mampu dilakukan untuk mencegah timbulnya komedo di wajah. Cara yakni dengan mencuci wajah minimal tiga kali dalam satu hari, sering mengkonsumsi air putih dan buah-buahan, serta perbanyak olahraga.

Tags :

Related Post : Jenis-jenis Komedo dan Cara Mencegahnya, No.2 Lebih Sulit Dihilangkan

0 komentar:

Posting Komentar