Blog ini berisi tentang tips mengenai perawatan wajah secara alami sehingga mendapatkan wajah yang cantik, cerah dan terhindar dari jerawat, wajah kusam, wajah berminyak dan kerutan.

Rabu, 27 September 2017

Manfaat Pepaya bagi Kecantikan dan Kesehatan

Pepaya merupakan salah satu jenis buah yang mudah didapatkan di Indonesia. Pepaya sangat mudah dicari karena beliau bisa tumbuh dimana saja dari mulai pesisir pantai sampai pegunungan. Pepaya bisa tumbuh dengan apalagi lahannya subur, contonya saja benih pohon pepaya bisa tumbuh dari biji yang kita buang. Makanya pepaya biasa ditanam sekitar samping rumah.

Manfaat Pepaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

Pepaya untuk kecantikan wajah alami
image by. sunpride.co.id


Pepaya itu ternyata mudah didapatkan dan rasanyapun sangat enak sekali, bisa dimakan ketika belum matang apalagi setelah matang. Jangan salah selain buahnya bahkan akar, daun, dan bunganyapun bisa dijadikan sebagai obat ataupun perawatan wajah. Sudah rasanya enak ternyata khasiatnyapun banyak sekali apalagi untuk menjaga kesehatan dan kecantikan tubuh. Coba lihat saja kandungan yang ada pada tanaman pepaya berikut ini :
  • Buah pepaya yang masih mentah rendah sekali akan kalori sekitar 26kcal/100gram
  • Daun Pepaya juga memiliki kalori yang rendah walaupun tidak serendah buah pepaya yang masih muda. Jumlah kalorinya sekitar 79kcal/100gram.
  • Buah pepaya kaya akan sumber vitamin antiaoksidan. Terutama vitamin A, Vitamin K, Vitamin B9, Vitamin C dan Vitamin E.
  • Pepaya juga mengandung flanoid, enzim papain dan serat.
  • Dalam Buahnya maupun daunnya juga mengandung Energi, Protein, Lemak, Karbohidrat, Kalsium, Fosfor, Kalium, dan Air tentunya.

 

Manfaat Pepaya bagi Kesehatan

Menurut Dr. A Seno Sastromidjojo berikut ini merupakan manfaat pohon pepaya :
  1. Akar pepaya yang diseduh bisa menjadi obat ginjal, kandung kemih juga bisa melancarkan air seni. Selain itu juga bisa membantu membasmi cacing keremi yang ada pada tubuh
  2. Saat terkena gigitan binatang berbisa contohnya saja ular, parutan akar pepaya ditambah kapur  bisa dipakai sebagai obatnya.
  3. Daunnya bisa ditumbuk, ditambah sedikit air, lalu diperas dan diminum untuk mengobati penyakit beri - beri, asma bronkial atau biasa disebut dengan bengek, dan penambah nafsu makan. Sedangkan daun yang sebelumnya telah di masak lalu dikonsumsi bisa dijadikan obat mulas, demam, cacing keremi, dll.
  4. Bunganya dapat direbus bersama antana untuk menambah nafsu makan, membersihkan darah, mengobati peyakit kuning dan juga kencing manis.
  5. Buah yang masih muda bisa dijadikan obat sariawan dan laksansia.
  6. Untuk mengobati demam, flu dll biji pepaya bisa ditumbuk halus terlebih dahulu lalu dan tambahkan asam cuka.
  7. Getah buahnya bisa dijadikan obat luka bakar ataupun pereda rasa sakit.
Nah selain dari yang dipaparkan Dr. A Seno, masih terdaoat banyak khasiat yang ada pada pepaya  antara lain :
  1. Pepaya bisa menyehatkan seperma karena pepaya mengandung vitamin c yang essensial untuk membentuk air mani dan juga sperma.
  2. Vitamin A, C, dan E Mampu mencegah oksidasi pada kolestrol yang bisa menjadi penyebab penyakit jantung koroner dan pemicu stroke.
  3. Pepaya bisa menurunkan kadar kolestrol yang tinggi.
  4. Mencegah terjadinya kerusakan pada pembuluh darah. 
  5. Menurunkan risiko terkena penyakit kanker karena mencegah rusaknya DNA dari radikal bebas.
  6. Karena pepaya kaya akan serat pepaya juga bisa membantu melancarkan buang air besar (BAB).
  7. Mencagah peradangan atau Anti - inflamasi.
  8. Mencegah penyakit Asma
  9. Menghindari Penyakit sendi sepertu osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.
  10. Vitamin A bisa Menjaga kesehatan Mata, karena Beta Karoten sebagai materi bakunya.
  11. Membantu proses absorpsi zat besi pada tubuh.
  12. Mengatasi keputihan dan bau tak sedap  dengan cara meminum rebusan daun pepaya yang dicampur dengan akar alang - alang dan pulasari.
  13. Mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau membuat sistem imun menjadi lebih kuat. sehingga bisa mencegah penyakit flu, pilek, dan pereda demam.
  14. Menjaga tulang tetap sehat karena  bisa membantu absorpsi kalsium pada tulang.

Manfaat Pepaya bagi Kecantikan 

  1. Bisa dijadikan sebagai menu makanan penurun berat tubuh atau diet, karena selain mengandung kalori yang rendah juga bisa memperlancar buang air besar sehingga lemak dan daging berlebih yang ada pada tubuh bisa dikeluarkan.
  2. Mampu mengatasi abses dan mencegah timbulnya abses baik dari luar ataupun dalam. untuk mencegah abses daei dalam kita bisa memakan pepaya yang kaya akan vitamin C. Sedangkan untuk perawatan luarnya kita bisa menggunakan pepaya sebagai masker
  3. Selain dengan buahnya anda bisa mengkonsumsi daunnya juga untuk membantu melumpuhkan kuman yang menjadi penyebab tumbuhnya jerawat. Daun Pepaya juga bisa membersihkan darah dari penyebab alergi sehingga abses tidak berkembang dan semakin banyak. Nah bagi yang tidak suka daun pepaya namun ingin mencicipi khasiatnya mudah sekali caranya tinggal jemur sebentar daun pepaya yang sudah bau tanah lalu tumbuk sampai halus, tambahkan air sedikit sekotar satu sendok setengah. Lalu tempelkan pada tempat yang berjerawat atau rawan berjerawat. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat. Lakukan minimal seminggu sekali diwaktu senggang.
  4. Mampu membersihkan Wajah dengan cara blender pepaya dan labu sampai halus, tambahkan  putih telur yang sudah dikocok dan 1 sendok makan madu. Oleskan pada wajah sambil dipijat dengan gerakan memutar. Diamkan selal 10 menit lalu basuh dengan air bersih, dijamin wajah anda akan terlihat kinclong bersinar.
  5. Pepaya bisa menjadi penangkal radikal bebas yang berbahaya bagi kulit.
  6. Pepaya juga sangat berperan penting dalan pembentukan kolagen yang baik
  7. Bisa membuat kulit menjadi lebih basah dan halus apabila dikonsumsi dengan rutin.
  8. Bisa mengobati aneka macam macam penyakit kulit ibarat korangan dll
  9. Pepaya muda bisa merangsang pertumbuhan payudara dari enzim yang dihasilkannya. Selain itu, juga bisa membuat otot - otot yang berada sekitar payudara menjadi lebih kencang.
  10. Manfaat pepaya untuk kecantikan wajah sudah tidak diragukan lagi ialah dapat mencerahkan dan memutihkan kulit  wajah. maka dari itu pepaya banyak sekali dijadikan sebagai materi baku suatu produk kecantikan.
Namun tidak semua orang bisa mengkonsumsi buah pepaya dengan sesuka hati, karena ada sebagian orang yang alergi terhadap materi lateks sehingga kemungkinan besar orang tersebut juga alergi tehadap pepaya. Hal ini disebabkan oleh salah satu kandungan pepaya ialah chitanases yang sering menjadi penyebab reaksi silang pada lateks.

Nah setelah tahu aneka macam Khasiat Pepaya bagi Kesehatan dan Kecantikan jangan pernah bosan untuk mengkonsumsinya. Walaupun jangan terlalu berlebihan juga karena segala sesuatu hal yang berlebihan bisa berakibat tidak baik. Begitupun dalam proses diet ataupun mencerahkan kulit alangkah lebih baik apabila mengkonsumsi pepaya dengan aneka macam macam sayuran atau buah lainnya untuk mendapat hasil yang optimal.

Tags :

Related Post : Manfaat Pepaya bagi Kecantikan dan Kesehatan

0 komentar:

Posting Komentar