Blog ini berisi tentang tips mengenai perawatan wajah secara alami sehingga mendapatkan wajah yang cantik, cerah dan terhindar dari jerawat, wajah kusam, wajah berminyak dan kerutan.

Minggu, 01 Oktober 2017

12 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Menjaga Kesehatan Ginjal bukanlah hal yang sulit karena bekerjsama hanya perlu dibiasakan dari contoh hidup sehat. Mengapa ginjal perlu dijaga? Ginjal memiliki tugas yang tak tergantikan untuk tubuh. Tugas yang diembannya sangat berkaitan untuk membuang zat-zat beracun dan berbahaya dalam tubuh melalui urin ketika menyaring darah. Dengan menjaga ginjal, tentunya akan menjaga fungsinya secara optimal dan kondisi tubuh pun terbebas dari racun. Lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan ginjal yang benar? Kesalahan dalam menjaga dan merawat ginjal akan meningkatkan resiko penyakit ginjal. 

Tips  Menjaga Kesehatan Ginjal Yang Paling Tepat

Cara Alami Menjaga Kesehatan Ginjal
Ginjal
1. Berolahraga secara rutin
Cara Menjaga Kesehatan Ginjal yang paling utama yaitu dengan rutin berolahraga. Manfaat olahraga selain menjaga daya tahan dan kebugaran tubuh, ternyata juga dapat membantu kesehatan fungsi organ dalam yang penting, mulai dari paru-paru, jantung hingga ginjal. Banyak penelitian menerangkan bahwa olahraga sangat membantu pembentukan urin menjadi lebih lancar dan tak terhambat. Jika anda rutin berolahraga, tentunya tidak ada duduk perkara dengan kesehatan ginjal anda.

2. Perbanyak minum air putih
Hampir 70 persen tubuh kita membutuhkan air putih dan dengan menjaga asupan air putih per hari 8 gelas akan membantu menjaga keseimbangan tubuh. Dengan memperbanyak minum air putih, ginjal akan bekerja lebih baik karena pembuangan urin menjadi lancar dan kinerja ginjal menjadi tidak berat.

3. Hindari obesitas
Obesitas atau kelebihan berat tubuh juga menjadi biang yang menimbulkan Fungsi Ginjal seseorang menjadi terganggu. Berat tubuh yang terus naik tentunya akan membuat lemak terus bertambah dan tertimbun di sekitar perut. Sehingga, ginjal akan mudah tertekan dan sesak. Jika sudah demikian, ginjal menjadi lebih sulit untuk memproses urin. Tidak heran jikalau penyakit ginjal sangat mudah menghampiri penderita dengan duduk perkara obesitas. Berolahraga secara rutin menjadi solusi untuk menghindarkan diri dari duduk perkara obesitas dan penumpukan lemak. Waspada juga terhadap makanan dengan kandungan lemak jahat.

4. Jaga tekanan darah
Mungkin anda tidak menyangka bahwa tekanan darah sangat menghipnotis kesehatan ginjal. Tingginya tekanan darah akan membuat anda berpotensi memiliki penyakit ginjal. Ada banyak hal guna menjaga tekanan darah tidak terlalu tinggi ibarat menjaga diri supaya tidak mudah stress dan selalu tidak mengedepankan emosi. Selain itu, atur juga contoh tidur anda. Tidur yang berkualitas selama 8 jam setiap hari akan membantu anda untuk menghindari mudah stress.

5. Perhatikan contoh makan
Tidak hanya itu, menu makanan anda juga harus diawasi. Bila perlu, pantau selalu makanan yang rutin anda konsumsi. Karena fungsi ginjal sebagai penyaring racun, maka makanan yang kurang sehat akan membuat ginjal bekerja dua kali lebih keras. Juga disarankan untuk tidak  minuman berenergi dalam waktu panjang apalagi disaat dehidrasi.

Selain itu, makanan yang kurang sehat bagi ginjal yaitu makanan yang mengandung lemak jenuh dan juga gula. Solusi sempurna untuk menjaga kesehatan ginjal yaitu dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayur. Kandungan vitamin, zat besi dan mineral dalam dua sumber makanan ini tentu akan sangat membantu menjaga kesehatan organ lainnya. Biasakan untuk mengkonsumsi buah dan sayur segar secara rutin untuk mencegah ginjal dari kerusakan.

6.  Hilangkan kebiasaan buruk
 Jika anda bekerja terlalu lama dan tidak sempat istirahat, pastikan bahwa anda tidak dehidrasi dengan menyiapkan sebotol air putih. Cara ini tentu disarankan untuk membuat anda tidak menunda dan mengorbankan ginjal anda demi kesibukan.

7.  Menjaga Kadar Gula
Penyakit diabetes dengan kesehatan ginjal memiliki beberapa keterkaitan. Sehingga banyak dari mereka penderita diabetes akhirrnya juga memiliki duduk perkara pada ginjalnya. Maka dari itu, menjaga kadar gula yang masuk pada tubuh juga sangat penting untuk kesehatan ginjal.

8.  Jangan Mengkonsumsi Obat Sembarangan
Dengan banyak mengkonsumsi obat obatan secara berat bukan hanya akan berbahaya pada jantung, namun juga akan membuat kerja ginjal semakin berat. Ketika akan memakan jenis obat tertentu lebih baik cobalah konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Khususnya obat nyeri dan obat antibiotik 

9.  Mengurangi Konsumsi Makanan Asin
Janganlah terlalu banyak memakan makanan yang asin secara berlebihan. Karena apabila anda memakan itu kerja ginjal tidak akan maksimal. Untuk itu pakailah penyedap rasa secukupnya sepasnya saja dilidah untuk membantu menjaga kesehatan ginjal. Meskipun terdengar sepele, namun cara ini cukup membantu mengembalikan memaksimalkan kinerja ginjal. Menghindari kandungan garam yang terlalu banyak sangatlah disarankan. Saat garam yang berlebihan mengendap dalam tubuh, maka akan ditimbun menjadi batu ginjal. Makanan kaleng dan makanan ringan biasanya memilki kandungan garam tersembunyi. Hindari juga menggunakan materi penyedap yang berlebihan ketika anda memasak.

10. Hindari Alkohol dan Jangan Merokok
Hal yang sati ini sudah tidak absurd tentunya rokok dan alkohol mampu membahayakan kondisi tubuh. Bukan hanya mampu merusak ginjal namun mampu juga merusak organ dalam tubuh lainnya. Ada beberapa hal yang paling sering diremehkan yang padahal jikalau terus dilakukan tentu akan mengganggu kerja ginjal. Jika anda ingin tetap memiliki ginjal yang sehat, sebaiknya berhenti merokok. Merokok yaitu penyebab utama kanker ginjal yang paling banyak terjadi karena kandungan nikotin yang menumpuk dalam tubuh dari isapan per batangnya. Selain itu juga hindari mengkonsumsi alkohol.

11. Jauhi Stres Berlebih
Stress dapat memicu banyak sekali macam penyakit, salah satunya penyakit ginjal dan memperburuk kerja ginjal. Ingat lakukanlah rileksasi atau beberapa cara yang dapat mengurangi stress anda. itu juga akan membantu menjaga kesehatan tubuh dan ginjal. 

12. Periksa Ginjal
Sesibuk apapun anda dengan segala aktifitas dan rutinitas yang anda lakukan, setidaknya lakukanlah pemeriksaan atau hanya sekedar check up saja. Agar kita tahu kondisi ginjal kita sehat atau tidak. Dengan begini kita mampu memantau kondisi ginjal, sehingga anda akan terhindar dari penyakit ginjal yang berbahaya.

Nah, itulah beberapa Tips Menjaga Kesehatan Ginjal dengan Benar. Akan lebih baik menghindari penyesalan karena sakit ginjal karena terlalu meremehkan untuk menjaga kesehatannya. Karena ginjal sangat penting untuk tubuh dengan fungsinya yang luar biasa, tentu mencegah akan lebih baik daripada mengobati. Semoga bermanfaat!

Tags :

Related Post : 12 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

0 komentar:

Posting Komentar